Jangan Tergiur Motor Listrik Murah, Perhatikan Hal Ini

Kamis, 11 Januari 2024 - 15:38 WIB
loading...
Jangan Tergiur Motor Listrik Murah, Perhatikan Hal Ini
Motor listrik Polytron Fox R dibanderol dengan harga Rp13,5 juta. (Foto: Polytron)
A A A
JAKARTA - Beragam merek motor listrik sudah hadir di Indonesia seiring kebijakan pemerintah yang memberikan subsidi Rp7 juta. Mulai dari model standar hingga premium. Beberapa di antaranya bahkan ditawarkan dengan harga murah.

Commercial Director Polytron Tekno Wibowo mengingatkan masyarakat jangan asal membeli motor listrik hanya karena harga murah. Tapi perhatikan juga kebutuhan dan kualitas yang diberikan.

“Saya pikir ini bukan tentang harga saja, tapi harus ada keseimbangan antara performa dan harga. Motor lebih murah dari Polytron banyak, tapi apa performanya sesuai? Memenuhi kebutuhan konsumen? Itu kan hal yang lain,” kata Tekno di Banten, Senin (8/1/2024).

Tekno mengatakan masyarakat di Indonesia saat ini perlu mendapatkan edukasi mengenai motor listrik yang memenuhi syarat keamanan. Mengingat harga motor listrik yang terlampau murah memiliki risiko besar terbakar akibat konsleting.



“Misal, apa baterainya lithium, performanya benar (sesuai) spesifikasi, bisa nanjak atau engga, jarak (tempuh) sesuai spesifikasi, ini kan banyak abu-abunya. Kita juga ga ngasih sembarangan,” ujarnya.

Untuk menghilangkan keraguan masyarakat beralih ke kendaraan listrik, Tekno mengungkapkan Polytron memiliki cara tersendiri. Pihaknya juga membangun motor listrik menyerupai tenaga yang bisa dihasilkan motor konvensional. “Kita punya misi, mengonversi pengguna motor bensin jadi listrik. Makanya, kita coba bangun lewat pengalaman berkendara yang enggak kalah. Jadi kita bangun yang sama kayak motor ICE,” ucapnya.

Motor listrik dengan spesifikasi terbaik dibanderol dengan harga tinggi karena baterainya yang mahal. Itu sebabnya Polytron menawarkan skema sewa baterai dengan nominal Rp125 ribu sampai Rp200 ribu per bulan.

Hal ini membuat harga motor listrik Polytron menjadi lebih terjangkau. Untuk Fox-R menjadi Rp13,5 setelah disubsidi Rp7 juta dari pemerintah, dan Fox-S menjadi Rp9 jutaan setelah mendapatkan subsidi.



Soal spesifikasi, motor listrik Polytron Fox-S dibekali baterai LiFePO berkapasitas 1,94 kWh (72V 27Ah) dengan jarak tempuh 70 kilometer. Jarak tersebut bisa dicapai dengan perkiraan kecepatan konsisten 40 km/jam.

Kendaraan ramah lingkungan ini dibekali dengan motor penggerak 3.000 W dengan kekuatan puncaknya 4.800 W. Pembekalan itu membuat motor ini mampu melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 80 km/jam.

Fox-S dibekali dengan sistem pengisian daya 72 VDC 5A (maks. 84 VDC), yang dapat mengisi daya hingga penuh sekitar 5 jam. Motor listrik ini dibekali teknologi pengisian daya cepat, dengan pengisian satu menit bisa menempuh jarak 2 kilometer.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5806 seconds (0.1#10.140)