Banyak Cara Kurangi Emisi Karbon, Kini Giliranmu Kontribusi!

Jum'at, 12 Januari 2024 - 07:30 WIB
loading...
Banyak Cara Kurangi Emisi Karbon, Kini Giliranmu Kontribusi!
Gedung bertingkat tertutup kabut polusi udara di Jakarta, Jumat (11/8/2023). FOTO/SINDOnews/ISRA TRIANSYAH
A A A
JAKARTA - Mengurangi emisi karbon merupakan suatu tindakan yang sangat penting dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Tak hanya itu, dalam kehidupan sehari-sehari, termasuk berkendara khususnya yang menggunakan bahan bakar fosil, merupakan penyumbang utama emisi gas rumah kaca dan polutan udara. Sebab telah kita ketahui, peningkatan emisi karbon dapat mengakibatkan polusi udara, yang memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia.

Pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan merupakan reaksi eksotermik yang melepaskan energi berupa panas, cahaya, dan berbagai gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Dari pembakaran bahan bakar fosil tersebut akan menghasillan gas metana, dimana gas metana ini merupakan gas rumah kaca yang dapat memerangkap panas hingga 86 kalo lebih kuat dari CO2. Tak hanya itu, gas metana juga merupakan gas beracun yang tidak hanya dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia, tapi juga dapat mengakibatkan kematian.

Kontribusi masyarakat tentunya sangat dibutuhkan guna mengurangi emisi gas yang terus berlanjut. Salah satunya bisa dilakukan lewat inisiatif kecil namun memiliki dampak yang besar terhadap lingkungan, seperti menerapkan prinsip 3R yang mencakup Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali) , dan Recycle (Mendaur ulang).

Tak hanya itu, cara lain yang bisa diterapkan khususnya dalam mengurangi emisi gas karbon kendaraan, masyarakat bisa mencoba sebuah teknik mengemudi yang dikenal dengan nama Eco Safety Driving.

Eco Safety Driving mengacu pada gaya berkendara yang mencakup tiga aspek utama yakni, defensive midfielder driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa pengendara, kemudian efisiensi bahan bakar atau aspek ekonomi (eco) dan safety driving dimana konsep ini menekankan pentingnya mengemudi dengan cara yang ramah lingkungan dan aman. Menerapkan teknik berkendara eco driving juga dinilai sebagai solusi untuk mengurangi emisi gas buang sampai tingkat kecelakaan lalu lintas serta dapat menghemat penggunaan BBM.

Berikut poin penting dalam penerapan teknik eco driving yang bisa diaplikasikan saat berkendara
Banyak Cara Kurangi Emisi Karbon, Kini Giliranmu Kontribusi!

Eco Safety Driving merupakan teknik mengemudi kendaraan yang meningkatkan tingkat keselamatan pengendara. Foto : dok Freepik

1. Percepatan yang Halus: Mengendalikan pedal gas dengan lembut untuk menghindari percepatan yang tiba-tiba. Ini membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan beban pada sistem kendaraan.

2. Pengereman yang Cermat: Menggunakan rem dengan hati-hati dan mempraktekkan pengereman bertahap untuk menghindari pengereman tiba-tiba. Pengereman yang halus membantu mempertahankan energi kinetik dan mengurangi keausan pada sistem pengereman.

3. Pemilihan Gigi yang tepat: Menggunakan transmisi dengan bijak dan memilih gigi yang paling efisien untuk kecepatan dan kondisi jalan tertentu. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

4. Mematikan Mesin saat Berhenti: Jika memungkinkan, mematikan mesin saat berhenti dalam situasi lalu lintas yang panjang (seperti di lampu merah) dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)