Selamat Tinggal Kunci Mobil, Teknologi Baru Ini Hadirkan Fitur Pengenalan Wajah

Senin, 15 Januari 2024 - 09:00 WIB
loading...
Selamat Tinggal Kunci Mobil, Teknologi Baru Ini Hadirkan Fitur Pengenalan Wajah
Teknologi pengenalan wajah alias face ID kini sudah populer dan banyak digunakan di perangkat smartphone. (Foto: Carcoops)
A A A
JAKARTA - Tak lama lagi penggunaan kunci mobil akan dianggap usang dan perlahan ditinggalkan. Hal itu berkat teknologi pengenalan wajah. Singkat kata, tak perlu lagi kunci mobil untuk membuka dan mengunci pintu serta menyalakan mesin.

Teknologi pengenalan wajah alias face ID kini sudah populer dan banyak digunakan di perangkat smartphone. Ke depan, teknologi serupa akan digunakan di mobil. Upaya tersebut salah satunya telah dilakukan oleh Continental.

Perusahaan tersebut menginisiasi teknologi face ID untuk dipasang baik di dalam maupun di luar kendaraan. Selain untuk menyalakan kendaraan, pengenalan wajah dalam sistem hiburan informasi juga dapat digunakan untuk memudahkan pembayaran digital, misalnya, di stasiun pengisian daya mobil listrik.

Lebih dari sekadar kamera canggih, Continental mengatakan teknologi pengenalan wajahnya dikombinasikan dengan inovasi lain yang pertama kali ditunjukkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) tahun lalu, yaitu kamera tersembunyi.



Perusahaan produsen suku cadang otomotif multinasional asal Jerman ini telah mengembangkan kamera yang dapat dipasang di belakang layar hiburan informasi, dan melihat melalui layar tersebut. Ini berarti desainer kendaraan tidak perlu mengubah tata letak interior untuk menggunakan teknologi ini, dan kamera terintegrasi dengan apa yang dilihat pengemudi.

"Bagi kami, pengalaman pengguna didefinisikan tidak hanya oleh aspek fungsional dan teknis, tetapi juga oleh daya tarik estetika," kata Dr. Boris Mergell, kepala UX di Continental Automotive dilansir dari Carcoops.

"Fungsi kenyamanan dan keamanan yang canggih yang tidak terlihat secara visual saat digunakan merupakan kesuksesan bagi kami dalam hal ini."



Kamera Continental juga dapat terintegrasi secara mulus ke pilar B kendaraan untuk membuka kendaraan. Untuk memastikan bahwa pengenalan itu aman, kamera memeriksa fitur wajah, selain memastikan bahwa ia melihat kulit yang nyata, sehingga pengguna tidak dapat membuka kunci mobil listrik dengan gambar pemilik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3915 seconds (0.1#10.140)