Cetak Sejarah, Mobil Listrik Tesla Jadi Kendaraan Terlaris di Dunia

Senin, 29 Januari 2024 - 08:10 WIB
loading...
Cetak Sejarah, Mobil Listrik Tesla Jadi Kendaraan Terlaris di Dunia
Mobil listrik Tesla Model Y mencatat sejarah sebagai mobil terlaris di dunia pada 2023. (Foto: Auto Express)
A A A
JAKARTA - Mobil listrik Tesla Model Y berhasil mencatat sejarah sebagai mobil terlaris di dunia pada 2023. Sebelumnya, mobil-mobil Toyota selalu mendominasi.

Pada 2022 misalnya, pabrikan otomotif asal Jepang ini berhasil menempatkan Toyota Corolla dan Toyota RAV4 sebagai mobil terlaris dunia dengan posisi satu dan dua. "Capaian Tesla Model Y dalam waktu singkat benar-benar luar biasa," kata Global Analyst JATO Dynamics, Felipe Munoz, dikutip dari laman resmi JATO Senin (29/1/2024).

Berdasarkan catatan JATO Dynamics, mobil listrik Tesla Model Y telah terjual sebanyak 1,23 juta unit pada 2023. Capaian itu jauh lebih besar dibandingkan penjualan mobil lainnya. Di bawah Tesla Model Y tercatat ada Toyota RAV4 yang terjual 1,07 juta unit. Sementara posisi nomor tiga diisi oleh Toyota Corolla dengan penjualan sebesar 1,01 juta unit.



Felipe Munoz mengatakan peningkatan penjualan Tesla Model Y sangat luar biasa besar. Dalam catatan mereka dibanding pada 2022 penjualan Tesla Model Y justru mencapai meningkat 64 persen.

Lebih lanjut Felipe Munoz menganalisa penjualan Tesla Model Y sangat tinggi disebabkan strategi yang dijalankan Tesla. Pertama Tesla melakukan diskon harga yang besar-besaran untuk Tesla Model Y.



Diskon ini membuat harga Tesla Model Y jauh lebih murah dibanding mobil listrik lainnya di Eropa dan Amerika Serikat. Jadi tidak heran jika kemudian Tesla Model Y juga menjadi mobil terlaris di Benua Biru pada 2023. Peningkatan yang besar juga terjadi di China. Penjualan Tesla Model Y di China dilaporkan mencapai 456.000 unit. Angka yang sangat fantastis untuk mobil listrik yang tidak berpaspor China.

Lebih lanjut pengurangan harga tersebut justru menurut Felipe Munoz tidak berdampak buruk pada Tesla. Reputasi Tesla justru berhasil membuat strategi pengurangan harga itu tidak merusak kepercayaan masyarakat. "Saat ini bayangan yang ada di benak masyarakat soal mobil listrik adalah Tesla," kata Felipe Munoz.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)