Cara Mematikan Mobil Matic yang Benar, Mudah dengan 3 Langkah

Selasa, 30 Januari 2024 - 16:03 WIB
loading...
Cara Mematikan Mobil Matic yang Benar, Mudah dengan 3 Langkah
Cara Mematikan Mobil Matic yang Benar. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Cara mematikan mobil matic yang benar ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan integritas kendaraan. Cara ini juga merupakan hal dasar yang mesti diketahui oleh setiap pengemudi.



Cara mematikan mobil ini mungkin terdengar sederhana bagi kebanyakan orang. Meski begitu, terkadang masih ada pengendara yang salah dalam hal mematikan mobil matic ini karena sudah terbiasa membawa mobil manual.

Mengingat sistem yang digunakan mobil matic ini berbeda dengan mobil manual, cara mematikannya pun berbeda dari mobil manual.

Karena jika mematikan mobil matic tanpa mengikuti prosedur keamanan mobil, bisa-bisa nanti akan berpengaruh pada masalah transmisi mobil.

Itulah mengapa cara mematikan mobil matic yang benar ini perlu diketahui oleh setiap pengendara, supaya tidak melakukan kesalahan yang berujung pada masalah performa mobil.

Cara Mematikan Mobil Matic yang Benar

1. Memastikan Mobil Telah Berhenti


Cara pertama yang harus dilakukan adalah memastikan mobil berhenti sepenuhnya dengan menginjak pedal rem secara perlahan. Intinya jangan mematikan mesin saat mobil masih bergerak, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi.

2. Pindah Transmisi ke P atau Park


Jika mobil sudah dipastikan berhenti dengan sempurna, maka lakukan pemindahan transmisi ke posisi Park (P) untuk membuat mobil tidak bergerak.

Namun, jika mobil dilengkapi dengan tombol shift lock, tekan tombol tersebut untuk memungkinkan perpindahan transmisi.

3. Matikan Mesin


Sebelum mematikan mesin, baiknya periksa kembali posisi transmisi sebelum mematikan mesin, pastikan transmisi benar-benar berada dalam posisi Park (P).

Jika mobil dilengkapi dengan tombol stop/start, tekan tombol tersebut untuk mematikan mesin. Tunggu hingga mesin berhenti dan cabut kunci kontak.

Itulah cara mematikan mobil matic dengan benar yang perlu diketahui pengendara. Melalui pemahaman dan dengan langkah-langkah mematikan mobil matic ini, pengendara tidak hanya menjaga kinerja kendaraan tetapi juga meningkatkan keamanan saat menggunakan mobil.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)