19 PO Bus Terpopuler, Salah Satunya Tertua di Indonesia

Kamis, 01 Februari 2024 - 07:12 WIB
loading...
19 PO Bus Terpopuler, Salah Satunya Tertua di Indonesia
Ada banyak sekali PO Bus terpopuler di Indonesia, beberapa bahkan sudah ada hingga puluhan tahun. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 19 PO Bus terpopuler dari ratusan Perusahaan Otobus yang sampai saat ini masih beroperasi di Indonesia. Pastinya para penggemar bus sudah tidak asing dengan beberapa nama PO bus yang disebutkan dalam artikel ini.

Bus, sebagai moda transportasi favorit, menyebabkan banyak perusahaan otobus (PO) beroperasi di seluruh Indonesia. Saat ini, jumlah PO bus di Indonesia mencapai lebih dari 200, termasuk AKAP, AKDP, Bus Pariwisata, Bus Kota, dan angkutan lintas negara di bawah payung Organda.

Namun dari banyaknya PO Bus yang melintas di jalanan Indonesia, hanya beberapa saja yang namanya sudah melekat di telinga masyarakat.
Populernya beberapa PO Bus ini bisa disebabkan oleh fasilitas dan pelayanan yang disediakan maupun dari segi usianya.

19 PO Bus Terpopuler

1. Sinar Jaya

PO Bus terpopuler yang pertama ini telah hadir sejak 1982, didirikan oleh Herman Rusly dan Rasidin Karyana. Bus Sinar Jaya pernah masuk rekor Muri karena mendapat penghargaan terbanyak dibanding dengan para kompetitornya.

2. Harapan Jaya

Sejak 1977, Harapan Jaya terus berkembang dan hingga saat ini armadanya terus diperbarui. PO bus yang satu ini sangat diandalkan oleh masyarakat terutama untuk mudik lebaran.

3. Rosalia Indah

Rosalia Indah yang muncul di tahun 1983 dikenal sebagai bus premium dengan layanan eksekutif non ekonomi. Rosalia Indah memiliki armada double decker lengkap dengan pramugari yang siap melayani.

4. Haryanto

PO asal Kota Kudus ini merupakan PO dengan penggemar terbanyak. Ini tentu bukan tanpa alasan, sejak dulu Haryanto terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

5. Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH)

PMTOH yang berasal dari Aceh telah berdiri sejak 1957 dan melayani berbagai rute dari Banda Aceh menuju medan dan beberapa kota di Pulau Jawa.

6. Gunung Harta

Gunung Harta merupakan PO yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Gunung Harta selalu menjaga keamanan serta memanjakan para penumpangnya di setiap trayek yang dilalui.

7. Sempati Star

Perusahaan otobus ini melayani armada bus yang cukup mewah. Belakangan Sempati Star menjadi primadona bagi traveler karena pelayanannya yang maksimal.

8. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)

NPM merupakan PO bus tertua di Sumatera Barat dan tertua di Indonesia. Bagaimana tidak perusahaan ini telah beroperasi sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, yakni sekitar tahun 1937 dan masih eksis hingga sekarang.

9. OBL

PO OBL (Oei Bie Lay) atau Darmoyono menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Kini, PO yang didirikan pada 1969 silam ini berganti nama resmi menjadi Safari Dharma Raya.

10. Antar Lintas Sumatera (ALS)

Didirikan di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS ini terkenal karena merupakan salah satu PO Bus yang punya trayek terjauh di Indonesia.

11. Lorena

PO bus dengan 500 armada eksekutif yang melayani trayek Sumatera, Jawa, dan Bali ini juga sukses bertahan dari tahun 1970 hingga saat ini berkat tangan dingin seorang perempuan.

12. DAMRI

DAMRI merupakan perusahaan jawatan milik negara tertua. Cikal bakal DAMRI bahkan telah berdiri pada 1943, pada zaman pendudukan Jepang. Selain tua, DAMRI juga menjadi PO bus Indonesia yang memiliki jangkauan luas.

13. Pandawa 87

PO bus yang satu ini masih seumur jagung namun sangat populer berkat armada mewah yang digunakan. Pandawa 87 didirikan di Kota Pasuruan pada 17 April 2014 oleh H Gunawan Agung Aprilianto, putra asal Bugul Kidul, Pasuruan.

14. Khatulistiwa Trans

Khatulistiwa Trans merupakan PO bus yang berasal dari pulau Sulawesi. PO bus ini menawarkan layanan super mewah bak hotel berjalan. Penumpang bukan hanya bisa full rebahan tapi juga memiliki sekat privasi yang semakin menambah kenyamanan.

15. SAN Putra

PO SAN Putra atau Siliwangi Antar Nusa didirikan didirikan oleh Haji Hasanuddin Adnan di Kota Bengkulu pada 30 Januari 1978.

16. Eka & Mira

Eka & Mira memiliki perjalanan yang cukup panjang di dunia perbusan. PO bus asal Jawa Timur yang sudah berdiri sejak 1981 semula bernama Flores. Namun seiring berjalannya waktu mengalami pergantian nama dan PO Eka & Mira menjelma jadi salah satu PO bus tercepat di Indonesia.

17. Agra Mas

PO bus yang bermarkas di Jakarta Timur ini telah bertahun-tahun malang-melintang menawarkan layanan angkutan kepada para penumpang. Agra Mas bahkan sempat didapuk sebagai PO pelopor keselamatan oleh Kemenhub.

18. PO Borlindo

Perusahaan Otobus yang beroperasi di wilayah Sulawesi ini cukup populer karena bus mewahnya yang menggunakan sasis Mercedes-Benz. Beberapa armada bus yang dimiliki juga telah menghadirkan model double decker.


19. PO Primadona

Terakhir ada PO Primadona yang beroperasi di jalur Makassar-Toraja. Salah satu ciri khas dari PO ini adalah gambar fauna lokal yang terpampang di bagian body bus.

Itulah 19 PO Bus terpopuler yang masih eksis sampai saat ini di Indonesia. Beberapa PO terkenal karena sejarahnya, dan ada pula yang populer karenafasilitasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)