Elon Musk Minta Semua Merek Hadang Mobil China

Kamis, 01 Februari 2024 - 17:16 WIB
loading...
Elon Musk Minta Semua Merek Hadang Mobil China
Elon Musk mulai terganggu oleh industri otomotif. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Kendaraan listrik (EV) asal China akan menghancurkan perusahaan EV negara lain dalam waktu dekat jika tidak dihalangi. Hal ini terbukti dengan menurunnya angka penjualan Tesla.



Elon Musk mengatakan hal tersebut merupakan suatu kepastian jika hambatan di tingkat perdagangan tidak diberlakukan pada kendaraan listrik buatan China yang saat ini dijual dengan harga lebih terjangkau dibandingkan milik Tesla.

Hal tersebut diumumkan Elon Musk saat laporan keuangan Tesla untuk Q4 2023.

Pada kuartal terakhir, Tesla gagal mencapai target penjualan yang ditetapkan sebelumnya. Pada akhir tahun lalu juga, BYD menyalip Tesla sebagai produsen EV nomor satu dunia.

Kemunculan perusahaan EV asal China mengubah lanskap otomotif meski baru memasuki pasar dibandingkan raksasa seperti Tesla, Honda, Hyundai Kia, dan Ford.

Meski permintaan EV di China menurun, namun mobil yang diproduksi berhasil diekspor ke pasar luar negeri.

Seperti diketahui, BYD berhasil menyalip penjualan mobil listrik Tesla di kuartal keempat tahun 2023. Awalnya sebelum masuk kuartal keempat, Tesla memimpin penjualan mobil listrik sebesar 1,8 juta unit.

Capaian itu lebih besar dibanding BYD yang hanya menjual sebanyak 1,57 juta mobil listrik di periode yang sama. Hanya saja di menit-menit terakhir kuartal keempat, terjadi perubahan komposisi penjualan yang menarik.

"BYD berhasil menjual 525.409 unit mobil listrik. Sementara Tesla hanya menjual sebanyak 484.50," tulis CNN.

Angka tersebut sebenarnya memang masih belum menyamai penjualan Tesla di 2023. Hanya saja BYD masih punya senjata lainnya, yakni mobil hybrid. Penjualan varian lain mobil elektrifikasi itu mencapai 942.651 unit.

Jika digabungkan dengan penjualan mobil listrik yang dicapai BYD, maka total penjualannya tembus tiga juta unit.

"Untuk pertama kalinya Tesla dikalahkan sejak mereka berhasil mendepak Nissan sebagai penjual mobil listrik terbesar di dunia pada 2015," sebut Drive.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)