10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Supaya Tetap Bersih dan Terjaga

Rabu, 07 Februari 2024 - 13:00 WIB
loading...
10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Supaya Tetap Bersih dan Terjaga
Tips merawat mobil saat musim hujan penting dipahami agar kendaraan tetap bersih dan terjaga. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tips merawat mobil saat musim hujan ini perlu diperhatikan oleh pengendara, supaya kendaraan selalu bersih dan terjaga kondisinya.

Ketika musim hujan datang, para pemilik mobil harus lebih ekstra dalam memperhatikan kendaraannya. Mengingat air hujan khususnya di kota-kota besar, cenderung mengandung zat asam yang bersifat korosif.

Hal tersebut nantinya akan berpengaruh pada rusaknya lapisan cat mobil atau bahkan hingga memengaruhi mesin mobil. Karena itu tips merawat mobil ketika musim hujan ini akan sangat membantu.

10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

1. Rutin Membersihkan Mobil

Pengendara sebaiknya jangan malas untuk membersihkan mobil yang telah digunakan ketika hujan. Baiknya, untuk mobil yang baru saja digunakan untuk menerjang hujan gunakan microfiber untuk mengelapnya, dan jika perlu lakukanlah pencucian.

2. Lakukan Perawatan Ekstra untuk Kaca Mobil

Ketika musim hujan, kaca mobil akan lebih mudah berjamur. Sehingga lakukanlah pembersihan baik di bagian kaca atau wiper mobil menggunakan sabun anti jamur.

3. Selalu Pastikan Kabin Tetap Kering

Pastikan untuk menjaga kabin tetap kering ketika musim hujan dnegan cara tidak meletakkan barang-barang basah, atau dengan melindunginya dengan karpet.

4. Rajin Panaskan Mobil Jika Tidak Dipakai

Jika mobil jarang dipakai ketika musim hujan, tetaplah rajin untuk memanaskannya demi menjaga kondisi mesin tetap baik dan menghindari kerusakan mesin.

5. Melaju dengan Kecepatan Konstan

Ketika menerjang jalan berair, laju kecepatan yang konstan diperlukan. Karena itu, pastikan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan mobil agar kecepatan kendaraan pun bisa lebih stabil.

6. Bersihkan Interior Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan interior mobil secara teratur. Hal ini termasuk membersihkan karpet, jok, dan panel interior dari kotoran dan kelembaban yang dapat menyebabkan timbulnya bau tak sedap.

7. Gunakan Penutup Mobil

Jika tidak memiliki garasi untuk mobil, maka pastika mobil yang berada di luar selalu tertutup sehingga tidak terkena air hujan secara langsung. Hal ini akan menjaga bagian eksterior dari karat.

8. Jaga Kondisi Wiper

Pastikan wiper mobil dalam kondisi baik dan dapat membersihkan kaca depan dengan sempurna. Ganti wiper yang aus atau buruk kinerjanya.

9. Lindungi Bagian-bagian Kritis

Pastikan untuk melindungi bagian-bagian kritis mobil seperti mesin, sistem rem, dan sistem listrik dari air hujan dan lumpur. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perlindungan khusus atau melindungi bagian tersebut dengan kain atau plastik.


10. Gunakan Pelapis

Gunakan pelapis atau wax pelindung pada mobil. Ini akan membantu menjaga cat mobil dari kerusakan akibat air hujan dan kotoran. Itulah sepuluh tips merawat mobil saat musim hujan yang bisa dilakukan. Jangan lupa juga untuk melakukan servis jika terdapat kendalapadamobil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)