Nissan Ciptakan Boneka Pintar untuk Pastikan Bayi Tak Rewel Selama Perjalanan

Kamis, 08 Februari 2024 - 08:25 WIB
loading...
Nissan Ciptakan Boneka Pintar untuk Pastikan Bayi Tak Rewel Selama Perjalanan
Boneka pintar Iruyo dilengkapi dengan berbagai sensor dan perangkat komunikasi serta bentuknya imut. (Foto: Nissan)
A A A
JAKARTA - Nissan bersama Akachan Honpo membuat terobosan baru menciptakan robot pintar untuk menenangkan bayi selama di perjalanan.

Boneka pintar bernama Iruyo ini akan menghubungkan orangtua yang menyetir dengan anaknya serta memberikan hiburan untuk memastikan bayi tak rewel.

Pembuatan boneka pintar Iruyo berangkat dari banyaknya keluhan orangtua yang membawa bayi saat mengemudi. Karena kursi mobil untuk anak berada di baris belakang, pengemudi seringkali harus menoleh ke belakang untuk memeriksa.

Sementara sang bayi juga acapkali tidak nyaman lantaran tidak berada dalam kontak visual dengan orangtuanya, sehingga rewel. Parahnya lagi, hal ini tidak dapat ditangani oleh orangtua yang sedang mengemudi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan, sehingga berpotensi memicu kecelakaan.



Dilansir dari Soranews, Kamis (8/2/2024), menurut survei Nissan, lebih dari 60 persen orangtua muda mengemudi sendirian dengan anaknya dan lebih dari 80 persen mengeluh tidak dapat menenangkan anaknya ketika menangis. Di atas itu, lebih dari 90 persen mengatakan khawatir ketika tidak dapat melihat anaknya saat di kursi mobil selama berkendara.

Boneka pintar Iruyo dilengkapi dengan berbagai sensor dan perangkat komunikasi serta bentuknya imut. Warna merah dipilih karena paling pas untuk menarik perhatian bayi, dikombinasikan dengan pilihan warna pink dan putih. Tampilannya juga sederhana dengan kontras yang kuat dan gerakan yang mudah diikuti untuk menghibur bayi.

Iruyo sebenarnya adalah bagian dari set dua robot, dipasangkan dengan yang lain bernama Baby Iruyo. Iruyo duduk di kursi belakang menghadap anak sedangkan Baby Iruyo duduk dekat pengemudi di tempat cangkir. Baby Iruyo dapat memahami perintah suara seperti "Aku di sini," dan "Mari kita nyanyikan lagu" lalu menyampaikannya ke Iruyo yang akan memberikan gerakan yang sesuai.



Pada saat yang sama, Iruyo memantau wajah bayi dan menyampaikannya kembali ke Baby Iruyo yang menirunya. Ini berarti jika bayi diam, orangtua dapat mengetahui apakah sedang tidur atau tidak dengan memeriksa mata Baby Iuryo.

Studi menemukan tidak hanya 90 persen bayi teralihkan perhatiannya oleh Iruyo saat berada di kursi mobil, tetapi lebih dari setengahnya menunjukkan peningkatan suasana hati secara umum saat menghabiskan waktu dengan robot. Meskipun hasil ini menjanjikan, sayangnya, Iruyo hanya merupakan produk konsep dan tidak ada rencana untuk merilisnya secara komersial.

Namun, mereka membuat sesi uji coba, seperti salah satunya di markas Nissan di Yokohama pada bulan lalu dan di toko Akachan Honpo di LaLaport Yokohama pada 10 dan 11 Februari 2024.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)