Tips Perawatan Mesin Skutik Agar Performa Optimal: Ganti Oli dan Gunakan Engine Flush

Jum'at, 09 Februari 2024 - 13:14 WIB
loading...
Tips Perawatan Mesin Skutik Agar Performa Optimal: Ganti Oli dan Gunakan Engine Flush
Ganti oli dan penggunaan engine flush menjadi salah satu cara untuk merawat mesin skutik agar lebih awet. Foto: PT Autochem
A A A
JAKARTA - Model skuter matik (skutik) tetap menjadi pilihan utama dalam penjualan sepeda motor pada 2023, dengan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) awal Januari 2024 mencatat bahwa skutik menyumbang sebanyak 89,73% dari total penjualan sepeda motor.

Dengan popularitasnya, merawat skutik secara rutin menjadi krusial untuk menjaga performa maksimalnya. Nah, berikut tips untuk menjaga agar performa skutik tetap maksimal saat digunakan harian:

1. Ganti Oli Secara Berkala
Manager Promosi PT Autochem Industry Dhany Ekasaputra mengatakan, ganti oli secara rutin penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan. Namun, selain ganti oli, perlu ada perawatan tambahan agar kondisi internal mesin tetap optimal, terutama karena skutik seringkali bekerja di putaran mesin yang tinggi. Ada sejumlah komponen yang lokasinya di dalam mesin juga perlu perawatan rutin.

“Karena posisinya di dalam mesin, perlu perawatan khusus agar performa skutik tetap bisa optimal,” ungkapnya.

2. Penggunaan Engine Flush
Jika jarak tempuh per hari sekitar 20-50 km, tentu waktu penggantian oli mesin dapat dilakukan setiap satu setengah hingga dua bulan sekali. Apalagi bagi motor yang belum dilengkapi dengan fitur oil trip, tentu satuan waktu menjadi lebih mudah untuk diingat.

Namun terkadang, pemilik motor masih lalai dalam mengganti oli mesin sehingga berdampak pada tumpukan residu di komponen dalam mesin. Aditif dan base oil pada pelumas mesin yang telah masa pakainya menjadi penyebab hadirnya residu tersebut.

Dhany menekankan pentingnya penggunaan engine flush setiap 2–3 kali penggantian oli mesin untuk mencegah tumpukan residu di dalam mesin.
“Engine flush seperti Master Oil System Cleaner dapat membersihkan residu dan menjaga kinerja mesin,” klaimnya.

3. Menghindari Risiko Baret Dinding Silinder
Tips Perawatan Mesin Skutik Agar Performa Optimal: Ganti Oli dan Gunakan Engine Flush

Dhany menjelaskan, patuh terhadap waktu penggunaan engine flush sangat penting untuk mencegah risiko baret pada dinding silinder. Engine flush memerlukan waktu 15 menit mesin dalam keadaan hidup sebelum penggantian pelumas mesin.

4. Menjaga Performa Mesin
Setelah proses "kuras oli", komponen internal mesin dapat diberikan treatment tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Menurut Dhany, produk seperti Master Metal Treatment dengan Nano Ceramic Technology membantu mereduksi gesekan antar komponen.



5. Pembersihan Sistem Bahan Bakar
Dengan menjaga perawatan mesin secara berkala dan menggunakan produk perawatan yang tepat, pemilik skutik dapat memastikan performa optimal dan umur mesin yang lebih panjang.

“Kami juga menyediakan paket Liquid Tune-Up yang terdiri dari Master Oil System Cleaner, Petrol Injector Cleaner, dan Metal Treatment membantu mengembalikan performa mesin seperti kondisi baru, meningkatkan akselerasi, dan efisiensi bahan bakar,”bebernya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)