Rahasia Ban Mobil Listrik: Mengapa Berbeda dan Apa yang Perlu Diperhatikan?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 08:37 WIB
loading...
Rahasia Ban Mobil Listrik: Mengapa Berbeda dan Apa yang Perlu Diperhatikan?
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari ban mobil listrik. Foto: Bridgestone
A A A
JAKARTA - Populasi mobil listrik di Indonesia semakin besar seiring meningkatnya keyakinan masyarakat. Namun, tidak seperti kendaraan konvensional, mobil listrik hadir dengan serangkaian karakteristik khusus, seperti ban.

Sebagai informasi, mobil listrik memiliki tenaga yang instan dengan torsi besar yang menuntut kekuatan ban. Ban biasa akan mudah aus akibat putaran ban yang dihasilkan dari motor penggerak, sehingga butuh spesifikasi khusus.

“Ban khusus ini dirancang untuk memenuhi berbagai tuntutan sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman berkendara untuk keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan maksimal,” ujar Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia dalam keterangan resmi.

Karakteristik mobil listrik meliputi beberapa hal, di antaranya bobot yang umumnya lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional. Hal ini disebabkan baterai mobil listrik yang memiliki bobot sekitar 30-50 persen dari bobot total.

Selain itu, kabin mobil listrik lebih senyap dibandingkan kendaraan konvensional sehingga suara bising yang keluar dari ban akan lebih terdengar. Selanjutnya ada pada karakteristik akselerasi dan pengereman mobil listrik.

Torsi sesaat (instan) dan besar yang dihasilkan oleh mobil listrik dapat meningkatkan laju keausan ban, sehingga ban kendaraan listrik harus memiliki ketahanan aus yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, ban yang digunakan pada mobil listrik harus memiliki teknologi yang mampu meminimalisasi rolling resistance (hambatan gulir). Ini berguna untuk menghemat penggunaan laju pengurangan daya baterai, mengurangi akumulasi panas, dan menahan gesekan.

Konstruksi ban dengan reinforced (kekuatan tambahan) juga perlu untuk mengakomodasi peningkatan bobot baterai kendaraan listrik, serta meningkatkan kemampuan ban dalam meminimalkan kebisingan eksterior.

Berikut hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan utama dalam memilih ban untuk mobil listrik yang tepat:

1. Indeks Beban
Rahasia Ban Mobil Listrik: Mengapa Berbeda dan Apa yang Perlu Diperhatikan?

Baterai mobil EV menambah bobot kendaraan secara signifikan dibandingkan kendaraan bermesin konvensional. Bobot tambahan tersebut dapat memberikan tekanan tambahan pada ban oleh karena itu diperlukan ban dengan indeks beban yang sesuai dengan bobot kendaran.

Informasi Indeks beban ini dapat ditemui di dinding ban, yang penulisannya satu kesatuan dengan ukuran ban. Hal ini turut menentukan seberapa besar tekanan udara yang sesuai untuk ban tersebut.

2. Gesekan Rendah

Memilih ban dengan hambatan gesek yang lebih kecil akan berkontribusi terhadap hambatan gulir yang lebih rendah. Artinya, mobil listrik akan mendapatkan lebih banyak jangkauan dan efisiensi, yang dapat membantu berkontribusi terhadap keberlanjutan dan masa pakai baterai.

3. Kebisingan Rendah

Kendaraan listrik sudah lebih senyap karena tidak adanya kebisingan mesin, jadi untuk menjaga pengendaraan tetap mulus dan senyap, sebaiknya pilih ban dengan teknologi peredam kebisingan.


4. Senyawa Karet yang Kuat

Torsi instan pada kendaraan listrik dapat menyebabkan peningkatan keausan pada ban. Ban yang dibuat dengan kompon karet berkualitas dirancang memiliki kekuatan untuk menahan torsi tambahan tersebut.

“Selain pemilihan ban yang cocok, perawatan, dan pemeliharaan ban sangat penting untuk mempertahankan umur ban atau mengurangi tingkat keausan, dan juga memaksimalkan jarak tempuh,”tutupFisa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)