Mengapa Kick Starter Motor Mulai Ditinggalkan? Ini Jawabannya

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:31 WIB
loading...
Mengapa Kick Starter Motor Mulai Ditinggalkan? Ini Jawabannya
Kick Starter Motor Mulai Ditinggalkan. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian besar motor keluaran terbaru sudah tidak dibekali dengan kick starter. Tentunya tidak sedikit orang yang bertanya-tanya kenapa fitur yang berguna untuk menyalakan motor tersebut mulai ditinggalkan.



Saat ini cukup sulit untuk menemukan kick starter pada motor terbaru yang bahkan untuk model motor retro sekalipun. Para pabrikan saat ini lebih memilih untuk hanya menghadirkan electric starter. Lantas mengapa demikian?

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa alasan kenapa kick starter motor mulai ditinggalkan? Apa saja itu? Berikut paparan lengkapnya:

1. Tren yang sudah berubah

Seiring berjalannya waktu, tren akan selalu berubah. Saat ini tren mengarah ke sesuatu yang lebih simple dan praktis. Penggunaan electric starter jelas lebih simple ketimbang kick starter.

Pengendara tidak perlu lagi menguras tenaga untuk kick starter. Dan tren ini berlaku di seluruh dunia. Saat ini bukan hanya motor matic saja yang menanggalkan kick starter, tapi juga motor sport.

2. Kick starter bisa menimbulkan masalah baru

Karena sifat manusia yang selalu ingin melakukan sesuatu dengan mudah, maka mereka akan cenderung menggunakan electric starter dibanding kick starter meskipun kedua fitur dihadirkan.

Kick starter yang jarang digunakan justru akan menimbulkan masalah pada motor. Kick starter bisa macet dan mengeras jika jarang digunakan karena kotoran yang menumpuk setelah lama gak digunakan.

3. Bisa merusak komponen lain

Selain dapat menimbulkan masalah pada kick starter itu sendiri, kick starter juga dapat merusak komponen motor lain, terutama aki. Dengan hadirnya kick starter pengendara akan malas mengganti aki.

Mereka akan berpikir bahwa motor masih bisa menyala dengan kick starter meskipun aki sudah dalam kondisi soak. Hal ini jika terlalu lama dibiarkan akan berpengaruh juga pada seluruh sistem kelistrikan.

4. Saat ini motor sudah dilengkapi panel penunjuk kesehatan aki

Alasan lain kenapa pabrikan mulai meninggalkan kick starter adalah karena mereka saat ini sudah melengkapi motor terbarunya dengan panel penunjuk kesehatan aki. Adanya panel tersebut pengendara bisa mengetahui bagaimana kondisi aki terkini.

Jadi, tidak ada lagi alasan motor sulit distarter karena aki tiba-tiba soak. Semua sudah bisa dipastikan bahwa sistem kelistrikan berfungsi dengan baik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4615 seconds (0.1#10.140)