Ada Gempa saat Berkendara, Ini yang Harus Dilakukan

Senin, 26 Februari 2024 - 11:13 WIB
loading...
Ada Gempa saat Berkendara, Ini yang Harus Dilakukan
Sebagai negara yang berada di ring of fire, Indonesia sangat akrab dengan gempa bumi. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Sebagai negara yang berada di ring of fire , Indonesia sangat akrab dengan gempa bumi. Namun, mengenai kapan dan di mana gempa akan melanda tidak ada yang tahu.

Tidak menutup kemungkinan gempa terjadi saat kita mengendarai mobil di jalanan. Lantas apa yang harus dilakukan?

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Irmansyah Tara menjelaskan, diperlukan langkah antisipasi saat terjadi gempa bumi agar terhindar dari hal yang tak diinginkan ketika berkendara. Meski terkadang saat bencana alam gempa bumi terjadi kerap tak terasa ketika sedang berkendara.

“Bencana alam seperti gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Utamakan keselamatan diri. Perlu diketahui juga cara praktis untuk menyelamatkan diri dan kendaraan supaya terhindar dari masalah seperti kecelakaan atau tertimpa obyek yang roboh,” katanya melalui keterangan resmi.



Meski gempa kerap tidak terasa saat berkendari, ada beberapa tanda yang dapat diamati. Pengendara bisa melihat dari kondisi sekitar, seperti pohon bergoyang secara tidak wajar atau orang-orang berhamburan ke luar dari rumah atau gedung.

Apabila hal tersebut terjadi, jangan panik, terlebih saat mobil bergoyang tanpa kendali. Pengendara harus tetap fokus pada kondisi jalan di depan, mengingat ada risiko pohon atau bangunan roboh, jalan retak, dan tanah longsor.

Langkah berikutnya adalah segera mengangkat kaki dari pedal gas dan kurangi kecepatan secara perlahan. Jangan mengerem mendadak karena akan membahayakan pengemudi di belakang.

Amati situasi, kalau tidak ada masalah yang berbahaya, maka pengendara boleh meneruskan perjalanan. Namun sebaiknya berhenti sejenak untuk mengecek kondisi mobil dan jalan yang akan dilewati.



Nyalakan lampu hazard, tunggu sampai situasi tenang dan terkendali. Pastikan seluruh penumpang dalam kondisi baik. Perhatikan kondisi kendaraan, untuk memastikan tidak ada kerusakan terjadi.

Utamakan safety driving dan kendalikan emosi agar tidak menimbulkan masalah baru seperti kecelakaan. Segera tinggalkan mobil dan cari lokasi tinggi yang cukup aman bagi yang berada di daerah pesisir pantai ketika ada peringatan tsunami.

Cara terbaik ketika terjadi gempa bumi dengan gucangan cukup besar adalah menepikan mobil di lokasi terbuka tanpa gedung atau bangunan tinggi. Ini diperlukan agar pengendara dapat melakukan tindakan selanjutnya jika terjadi gempa susulan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)