Mau Beli Mobil Listrik Hemat 10%? Cek Dulu Daftarnya!

Senin, 26 Februari 2024 - 15:36 WIB
loading...
Mau Beli Mobil Listrik Hemat 10%? Cek Dulu Daftarnya!
Konsumen wajib mengetahui sejumlah mobil listrik yang memberikan subsidi hingga 10 persen agar lebih menguntungkan. Foto: Wuling
A A A
JAKARTA - Pemerintah memperpanjang kebijakan insentif mobil listrik berupa potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebensar 10 persen. Dari sebelumnya hanya dua model yang mendapatkan manfaat ini, saat ini ada produk baru yang ikut dapat subsidi.

Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

Itu tercatat dalam Pasal 2 ayat (1) PMK No. 8 Tahun 2024, Pajak Pertambahan Nilai yang terutang atas penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan/ atau KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu kepada pembeli ditanggung Pemerintah untuk tahun anggaran 2024.

Namun, ada syarat yang perlu dipenuhi oleh produsen mobil listrik apabila ingin mendaftarkan produknya dalam insentif tersebut. Syaratnya adalah dirakit secara lokal dan memiliki nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) minimal 40 persen.

Itu diatur dalam Pasal 3 ayat (1), yang berbunyi:

a. KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen);

b. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen); dan

c. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) sampai dengan kurang dari 40% (empat puluh persen).

Saat ini hanya ada tiga model mobil listrik yang masuk dalam program insentif tersebut, seperti Hyundai Ioniq 5, Wuling Air ev, dan Wuling BinguoEV. Ketiga mobil listrik itu sudah diproduksi di dalam negeri dengan TKDN lebih dari 40 persen.

Berikut deretan mobil listrik yang masuk dalam program insentif beserta harga resmi seperti disitat dalam laman resmi.

Hyundai Ioniq 5

- Prime Standard Range: Rp782 juta

- Prime Long Range: Rp823 juta

- Signature Standard Range: Rp845 juta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)