Merawat Audio Mobil Sendiri? Mudah, Ikuti 5 Tips Ini!

Senin, 26 Februari 2024 - 19:13 WIB
loading...
Merawat Audio Mobil Sendiri? Mudah, Ikuti 5 Tips Ini!
Cara merawat audio mobil sendiri penting untuk dipahami agar tetap nyaman dan bersih. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tips merawat audio mobil yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan komponen tersebut dan area sekitarnya.

Bagi sebagian pengendara, keberadaan sistem audio pada mobil menjadi hal penting. Bukan sekadar pajangan, namun juga menjadi sarana hiburan untuk menemani perjalanan.

Melihat fungsinya yang penting, pengendara wajib merawat sistem audio mobilnya dengan baik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tips merawat audio mobil yang bisa disimak.

Tips Merawat Audio Mobil

1. Bersihkan Head Unit dan Area Sekitarnya

Seiring penggunaan, area seperti head unit dalam audio mobil bisa berdebu. Maka, Anda harus rutin membersihkannya untuk menghindari kerusakan tak terduga sewaktu-waktu.

Singkatnya, debu bisa dengan mudah masuk dan menghambat proses keluarnya suara. Alhasil, kualitas suara yang muncul nantinya menjadi kurang baik.

Namun, pembersihan head-unit wajib dilakukan sesuai prosedur. Jangan sampai proses pembersihan yang dilakukan justru membuat komponen tersebut rusak.

2. Atur Setelan Sistem Audio dengan Baik

Sebagian pengendara mungkin jarang memperhatikan setelan audio pada mobilnya. Dalam hal ini, mereka jarang mengatur beberapa hal seperti komposisi bass, middle hingga treble secara seimbang.

Cara tersebut sebenarnya tidak salah. Namun, Anda dianjurkan untuk mengatur komposisi equalizer dengan seimbang. Tak hanya memperpanjang umur komponen tersebut, nantinya hasil audio yang keluar juga lebih nyaman didengar.

3. Jangan Dekatkan dengan Medan Magnet

Keberadaan medan magnet dikatakan bisa merusak elektromagnet pada sistem audio mobil. Maka dari itu, pengendara disarankan menjauhkan komponen tersebut dari hal-hal seperti medan magnet.

Sebagai gantinya, pengendara dapat memanfaatkan kotak perangkat audio mobil berbahan plastik atau kayu. Bahan tersebut dirasa jauh lebih baik untuk digunakan pada sistem audio pada mobil.

4. Pertimbangkan Banyak Hal Jika ingin Melakukan Modifikasi

Tips merawat audio mobil berikutnya adalah mempertimbangkan berbagai hal apabila ingin memodifikasi komponen tersebut. Bagi pengendara, sebenarnya tak masalah jika ingin melakukan modifikasi pada perangkat audio mobil. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan masalah yang dapat muncul setelahnya.

Misalnya, modifikasi audio dipercayakan kepada orang yang kurang berpengalaman. Bisa saja, setelahnya muncul masalah seperti kerusakan komponen termasuk pada bagian kelistrikannya.

5. Nonaktifkan Audio sebelum Mematikan Mesin Mobil
Merawat Audio Mobil Sendiri? Mudah, Ikuti 5 Tips Ini!

Berkaitan dengan perawatan sistem audio, ada banyak yang menyarankan agar pengendara mematikan perangkat tersebut sebelum mesin mobil dimatikan. Hal ini dilakukan guna merawat audio agar tetap bagus.

Pada saat mesin dinyalakan kembali, sistem audio yang belum sempat dimatikan bakal otomatis menyala. Padahal, tegangan awal ketika mobil dihidupkan sangatlah tinggi, sehingga sistem audio juga turut mendapatkan daya yang tidak normal.



Jika dibiarkan, kondisi seperti ini dapat menimbulkan kerusakan pada sistem audio mobil. Maka dari itu, pengendara disarankan untuk menonaktifkan sistem audio sebelum mematikan mesin mobil.

Demikianlah sejumlah tips merawat audio mobil yang bisa diketahui. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)