Elon Musk Klaim Tesla Roadster Supercepat dalam Satu Detik, Begini Komentar Bugatti

Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:06 WIB
loading...
Elon Musk Klaim Tesla Roadster Supercepat dalam Satu Detik, Begini Komentar Bugatti
Elon Musk klaim mobil listrik Tesla Roadster supercepat. (Foto: Tesla)
A A A
JAKARTA - Klaim ambisius Elon Musk tentang kecepatan mobil listrik Tesla Roadster menarik perhatian banyak orang, termasuk CEO Bugatti.

Business Insider melansir, Jumat (8/3/2024), pekan lalu Musk mengumumkan di X bahwa Tesla telah mengubah secara radikal tujuan desain untuk Tesla Roadster baru. Di antara tolok ukur baru tersebut, antara lain percepatan dari 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari satu detik — yang akan menjadi rekor dunia.

“Angka-angka tersebut, meskipun mengejutkan, dapat dicapai," kata Mate Rimac, CEO Bugatti Rimac menanggapi.

Mobil sport listrik milik Rimac, Nevera , memecahkan rekor percepatan 0 hingga 60 saat ini — 1,71 detik — tahun lalu. "Kami telah melakukan simulasi, ini mungkin dilakukan dengan thruster," kata Rimac dalam tanggapan terhadap komentar di Facebook di bawah foto mesin untuk mobil sport baru Bugatti Chiron.



Namun, eksekutif otomotif asal Kroasia tersebut menambahkan bahwa mungkin ada beberapa kekurangan dalam percepatan yang begitu cepat itu. "Masalahnya, Anda melepaskan udara dalam 2-3 detik, dan kemudian Anda memiliki banyak bobot mati yang Anda bawa (tangki, kompresor, katup, nosel, dan hal lainnya," ujar Rimac.

Meskipun begitu, ia mengakui bahwa thruster benar-benar satu-satunya cara untuk metode percepatan alternative. Lantaran teknologi kipas hisap dianggap tidak praktis. Meskipun beberapa mobil sport telah mengadopsi kipas hisap, Rimac menolak teknologi tersebut karena berat Roadster dan peralatan yang masif diperlukan.



Musk tidak menjelaskan bagaimana Roadster akan dilengkapi untuk memecahkan rekor Rimac. Sebelumnya, Tesla Roadster diiklankan mencapai 60 mph dalam 1,9 detik, angka yang masih tertera di situs web Tesla. Desain produksi untuk Tesla Roadster generasi kedua sudah selesai, dan Musk berharap untuk secara resmi merilis kendaraan tersebut pada akhir tahun. Tesla bertujuan untuk mulai mengirimkan model produksi pertama pada 2025.

"Saya pikir ini punya kesempatan menjadi demo produk paling menakjubkan sepanjang masa," tulisnya di X. Ini bukan kali pertama CEO Tesla membuat janji besar. Tesla menghadapi kritik tahun lalu setelah pengemudi Cybertruck menunjukkan bahwa banyak spesifikasinya, termasuk jangkauan dan harga, tidak sesuai dengan yang awalnya diumumkan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)