Spesifikasi Desertcross 1000-3, Kendaraan Tempur China yang Dipakai Menyerang Ukraina

Sabtu, 09 Maret 2024 - 08:40 WIB
loading...
Spesifikasi Desertcross 1000-3, Kendaraan Tempur China yang Dipakai Menyerang Ukraina
Kendaraan tempur segala medan buatan China Desertcross-1000-3. (Foto: AODES)
A A A
JAKARTA - Kendaraan tempur buatan China Desertcross-1000-3 terpantau digunakan para prajurit Rusia saat menyerang tentara Ukraina di front Lyman. Gelombang serangan besar-besaran ini pun berhasil dihalau oleh Brigade Mekanis Ke-60.

Ukrayinska Pravda, Sabtu (8/3/2024), melaporkan, selain mobil buatan China, para prajurit Rusia juga menggunakan tank dan kendaraan tempur infanteri dalam serangan ini. "Beberapa hari yang lalu, Brigade Mekanis Ke-60 berhasil menghalau serangan besar-besaran Rusia di front Lyman, yang terdiri dari tiga gelombang."

Laman Militarnyi melaporkan kendaraan semua medan Desertcross-1000-3 mulai digunakan oleh Rusia pada tahun 2023. Kendaraan ini diproduksi oleh perusahaan China Shandong Odes Industry. Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim lebih dari 530 unit kendaraan ini telah dipasok ke pada tahun 2023. Kontrak baru juga sedang disiapkan untuk pembelian sekitar 1.600 unit lagi. Secara khusus, 500 unit akan diserahkan pada bulan Desember dan sisanya pada kuartal pertama tahun 2024.

Pada malam 10 November, Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Rostov-on-Don dan mengunjungi markas Distrik Federal Selatan. Pimpinan Kementerian Pertahanan dan distrik tersebut memberikan briefing kepada Putin tentang kemajuan Operasi Khusus saat itu. Selain itu, markas tersebut mengadakan pameran kecil model-model peralatan modern yang dipasok ke tentara.

Putin ditunjukkan dua kendaraan semua medan buatan China, AODES Desertcross 1000-3, yang mampu mengangkut orang dan beban kecil. Diketahui bahwa Kementerian Pertahanan tertarik dengan peralatan ini, dan mereka memesan jumlah besar ke pabrikan. Kontrak ini sudah mulai dipenuhi, dan beberapa ratus kendaraan telah masuk ke tentara.



Menurut papan informasi yang menyertai kendaraan semua medan tersebut, departemen pertahanan membeli 2.127 kendaraan dalam berbagai versi. Sampai saat ini, 537 kendaraan semua medan dalam konfigurasi dasar telah diterima dari pabrikan. Sisanya 1.590 unit akan menerima seperangkat add-on berbagai jenis. 500 kendaraan diharapkan tiba pada bulan Desember, dan sisanya akan masuk selama kuartal pertama tahun 2024.

Tanda tersebut juga mengungkapkan biaya peralatan. Produk Desertcross 1000-3 dalam konfigurasi dasarnya menelan biaya 1,58 juta rubel per unit. Memasang opsi yang diperlukan meningkatkan biaya mobil menjadi 2,1 juta. Tidak sulit untuk menghitung total biaya pesanan - hampir 4,2 miliar rubel.

Kendaraan di garis depan


Menurut data dari Kementerian Pertahanan, lebih dari 500 kendaraan tempur Desertcross 1000-3 telah masuk ke tentara. Setidaknya, sebagian peralatan ini pada saat ini telah tersebar ke unit dan formasi yang beroperasi di zona Operasi Khusus. Namun, sampai baru-baru ini tidak ada informasi tentang keberadaan kendaraan tersebut di tentara Rusia. Hanya ATV AM-1 dan sejenisnya yang dilaporkan.

Namun, hanya selang beberapa hari, laporan pertama tentang keberadaan kendaraan semua medan di zona pertempuran mulai muncul di markas besar Distrik Militer Selatan. Foto-foto peralatan dan pemilik baru dari unit-unit tempur juga dipublikasikan. Metode untuk menyamar kendaraan, meletakkan kargo, dll ditunjukkan.


Desain


Kendaraan tempur semua medan AODES Desertcross 1000-3 dikembangkan dan diproduksi massal oleh perusahaan China Shandong Odes Industry. Ini adalah bagian dari garis kendaraan off-road utilitarian-wisata dan ditawarkan kepada berbagai pelanggan. Terutama organisasi sipil dan individu yang ingin memiliki kendaraan ringan dan nyaman untuk perjalanan di luar jalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)