Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

Senin, 25 Maret 2024 - 19:11 WIB
loading...
Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Tradisi mudik Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu masyarakat setelah menjalani puasa selama sebulan penuh. Hal ini juga menjadi kesempatan bersilaturahmi dengan keluarga tersayang.
Bagi yang akan melakukan mudik ke kampung halaman yang berlokasi jauh, ada beberapa persiapan ekstra terutama jika menggunakan kendaraan pribadi.

Maka dari itu, ENEOS memberikan beberapa tips mudik dengan mobil pribadi, agar kondisi kendaraan lebih optimal, aman dan nyaman ketika mengantarkan kita dan anggota keluarga ke kampung halaman.

1. Mempersiapkan surat dan dokumen

Pastikan membawa dokumen wajib Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM), yang dalam keadaan aktif guna tidak mendapat surat tilang ketika ada pemeriksaan. Selain itu, pastikan juga untuk membawa asuransi kendaraan yang berlaku untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk

2.Mempersiapkan fisik dan mental

Pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan mendapat tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik. Siapkan juga segala obat-obatan pribadi dan taruh di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil.

Selain mengemudi dalam kondisi prima, kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas nomor satu, karena kondisi mental berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara. Keluarga atau teman seperjalanan dapat mengajak ngobrol dan menanyakan kondisi pengemudi selama perjalanan.

3. Melakukan perawatan pada mesin Mobil
Melakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin dan sebelum berangkat mudik, bawa kendaraan ke bengkel terpercaya untuk mematikan mesin dalam keadaan baik. Pastikan mengganti oli mesin sesuai spesifikasi mobil sebelum melakukan perjalanan. Pemilik bisa melihat buka mual untuk memilih oli yang pas.

Untuk mobil keluaran terbaru dengan teknologi turbo atau hybrid, salah satu pilihan terbaik adalah dapat mempercayakan penggantian pelumas dengan menggunakan oli ENEOS. Oli mesin kendaraan dengan varian ENEOS X PRIME SN/SP GF-6A 5W-30 dan ENEOS X PRIME SN/SP GF-6B 0W-16. Kedua varian ini menggunakan base oil premium fully synthetic dan sudah berstandar ILSAC GF-6. Varian lain ada ENEOS X SP GF-6A 5W-30 dan ENEOS X SP GF-6A 0W-20, dilengkapi dengan aditif Titanium, dan varian unggulan ENEOS X SP 10W-40 berteknologi Molybdenum, memberikan lapisan pelindung hingga pada komponen terkecil mesin dan merawat mesin dalam pola berkendara Stop n Go.

Sementara untuk mobil keluaran tahun lama, sangat penting untuk benar-benar memilih oli yang dapat merawat mesin, dikarenakan usia mesin yang sudah tidak muda lagi, pilihan ENEOS MOTOR OIL SP CF 10W-30 dan ENEOS MOTOR OIL SP CF 20W-50 terbukti dapat merawat dan memperpanjang usia mesin pada mobil lama.

4. Mengecek kaki-kaki, rem dan ban mobil
Hal yang tak kalah penting ketika melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman yakni Periksa kampas rem, suspensi, tir rod, ball joint, hingga pelek serta bautnya. Jika kondisi kurang baik, sebaiknya diganti. Selain itu, periksa ban masih layak pakai atau tidak dan perhatikan apakah ada gejala aus atau retak pada permukaan ban.

5. Mempelajari rute perjalanan
Yang terakhir tentu pemudik sebaiknya telah memahami dulu rute yang akan dilintasi, catat medan rute yang dilewati, meliputi jalur akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat. Pahami juga jalur-jalur rawan macet yang akan dilewati.

Pemudik bisa memanfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai untuk menandai titik-titik lokasi macet dan jalan alternatif yang dibutuhkan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)