Tips Pilih Ban Mobil untuk Dipakai Mudik ke Kampung Halaman

Minggu, 31 Maret 2024 - 14:22 WIB
loading...
Tips Pilih Ban Mobil untuk Dipakai Mudik ke Kampung Halaman
Tips Pilih Ban Mobil. FOTO/ RIDEAPART
A A A
JAKARTA - Momen mudik tinggal menghitung hari. Bagi kalian yang ingin mudik menggunakan pribadi berupa mobil, ada hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memilih jenis ban, mengingat ban sendiri memiliki fungsi yang krusial.

Memilih ban mobil yang tepat sebelum mudik perlu dilakukan untuk kelancaran perjalanan. Salah memilih ban dapat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa-bisa mengakibatkan kecelakaan yang dapat berujung fatal.

Sebut saja jika mudik menggunakan ban full off-road padahal jalan yang dilalui adalah jalan beraspal halus. Maka mobil akan sulit seimbang dan daya cengkramnya rendah. Untuk itu perlu memilih jenis ban yang tepat agar perjalanan mudik aman.

Nah berikut adalah tips memilih ban mobil yang tepat agar aman untuk mudik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin (31/3/2024).

Kenali jenis ban

Ban milik banyak jenis. Misalnya ban tubeless yang memiliki cairan anti-bocor saat pertama kali dipasang. Kelebihannya adalah lebih tahan udara dan tidak mudah kempes bahkan tanpa menggunakan ban dalam.

Kemudian ada ban bias terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling ban. Ada juga ban All Terrain dirancang khusus untuk melaju di medan dengan kerikil, tanah, atau bahkan air. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.

Jenis ban lainnya adalah ban radial terbuat dari lapisan serat yang menyilang di sepanjang lingkar ban. Jenis ini cocok digunakan pada kendaraan penumpang maupun truk bermuatan ringan.

Selanjutnya ada ban RFT (Run Flat Tyre) tetap dapat digunakan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun dalam kondisi kempes. Jenis ini diklaim dapat melaju dengan tekanan 0 hingga 80 km dan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Dari banyaknya jenis ban, pastikan ban cocok dengan mobil yang digunakan dan pas dengan rute yang akan dilalui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3043 seconds (0.1#10.140)