Mengenang Jasa Buick 8 'Mobil Curian' Saksi Sejarah Kemerdekan RI

Senin, 17 Agustus 2020 - 11:05 WIB
loading...
Mengenang Jasa Buick 8 Mobil Curian Saksi Sejarah Kemerdekan RI
Presiden RI Pertama Soekarno dan Wakil Presiden R1 Mohammad Hatta. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hari ini tepat Senin 17 Agustus 2020 tepat 75 tahun Indonesia Merdeka, dibalik semua perjuang jasa-jasa pahlawan terdahulu ternyata ada sebuah mobil yang ikut andil dalam Kemerdekaan RI . BACA JUGA-Cemaskan Dunia, Bintang Berukuran 700 Kali Lebih Besar dari Matahari Meredup

.Presiden RI pertama Soekarno dikenal sangat kharismatik dan memiliki selera seni tinggi. Tak terkecuali dalam pemilihan mobil.

Mobil ini menjadi saksi perjuangan Soekarno pada zaman kemerdekaan dan sudah sepatutnya dijaga, serta dirawat warisan mantan orang nomor satu di Indonsia tersebut.. BACA JUGA - Kreuz Sepeda Lipat Mirip Brompton, Harga Miring Bikinan Bandung
Mengenang Jasa Buick 8 'Mobil Curian' Saksi Sejarah Kemerdekan RI

Dari sekian banyak mobil yang pernah digunakan sang proklamator, hanya beberapa mobil favorit yang masih terjaga dengan baik. Dilansir dari berbagai sumber, Buick 8

Namun ada mobil lain yang tak kalah menyita perhatian, yakni Buick 8 Limited Edition. Mobil tersebut digunakan Bung Karno di awal masa pemerintahannya atau setelah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Mobil dinas pertamanya itu merupakan hasil rampasan dari Jepang, tepatnya dari pegawai Djawatan Kereta Api. Seorang pemuda bernama Soediro lah yang mengambil paksa mobil mewah di zamannya itu dari sopir pejabat Jepang. Karena mengetahui mobil akan digunakan Bung Karno, ia merelakannya kepada Soediro.
Mengenang Jasa Buick 8 'Mobil Curian' Saksi Sejarah Kemerdekan RI

Di zamannya, Buick 8 bukan mobil biasa. Buick jenis ini kadang menjadi kendaraan bangsawan Eropa. Raja Inggris dan keluarganya memakai mobil ini di tahun 1939. Hingga kini Buick masih membuat mobil mewah.

Di zamannya, mobil ini setidaknya menjadi mobil dinas para pejabat di Hindia Belanda. Kemungkinan besar, mobil ini dibeli para pejabat Hindia Belanda, entah sebagai invetaris dinas atau secara pribadi. Sebelum akhirnya jadi mobil dinas di masa pendudukan Jepang. Di dalam mobil, terdapat kaca yang memisahkan ruang penumpang dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar.

Buick 8 merupakan produksi terbatas anak perusahan General Motor (GM) dari Amerika, sehingga sering disebut Limited-8. Buick 8 yang mirip mobil kepresidenan pertama ini dirilis pada 1939.
Mengenang Jasa Buick 8 'Mobil Curian' Saksi Sejarah Kemerdekan RI

Buick jenis ini, di masanya harganya berkisar 1.000 – 2.000 dolar. Angka ini tergolong tinggi, jika dilihat dari perkembangan inflasi. Mobil Buick 8 ini hanya diproduksi 1.451 unit saja. Panjang mobil ini 2,99 hingga 3,9 meter. Mesinnya empat tak 8 silinder, dengan 2 katup di setiap silindernya. Kapasitasnya 320 ci atau 5247 cc.

Tenaga mesin yang dihasilkannya mencapai 141 tenaga kuda, dengan putaran 3600 rpm. Ia tergolong mesin kuat di zamannya. Mobil ini diproduksi di “kota otomotif” di Amerika, Detroit, tepatnya di pabrikan yang didirikan David Dunbar Buick sejak 1903. Merek Buick kemudian menjadi bagian dari GM, yang merupakan salah satu raksasa industri otomotif Amerika. Di Indonesia masa kini, mobil dengan merek ini sulit ditemukan.

Lebih lanjut, di samping Buick 8 ada beberapa mobil lain juga menjadi teman Bung Karno, baik buatan Eropa maupun Amerika.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1816 seconds (11.210#12.26)