Kembangkan Motor Listrik Buas, Kymco Dikabarkan Gandeng Harley-Davidson

Jum'at, 26 April 2024 - 15:45 WIB
loading...
Kembangkan Motor Listrik Buas, Kymco Dikabarkan Gandeng Harley-Davidson
Kymco dikabarkan sedang menyiapkan motor listrik bertenaga besar. (Foto: Ride Apart)
A A A
JAKARTA - Tak hanya mobil listrik, deretan motor listrik baru juga terus bermunculan dengan beragam teknologi canggih. Tak mau ketinggalan, Kymco juga mengembangkan motor gede (moge) bertenaga listrik.

Kymco dikabarkan sedang menyiapkan motor listrik bertenaga besar yang didasarkan pada LiveWire. Yaitu divisi khusus Harley-Davidson yang dibangun untuk mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai.

Melansir Ride Apart, Jumat (26/4/2024), Kymco sangat memungkinkan untuk mengembangkan motor listrik yang didasarkan pada LiveWire. Pasalnya, perusahaan tersebut memegang 4 persen saham dengan nilai sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,6 triliun.

Meski Harley-Davidson masih memegang mayoritas saham LiveWire, kedua perusahaan akan saling memanfaatkan keahlian masing-masing dalam industri ini. Mereka diyakini akan bekerja sama untuk menghadirkan motor listrik bertenaga besar dengan harga terjangkau.

Diyakini, model LiveWire S3 yang akan datang pada dasarnya adalah versi yang diperkecil dari model S2 Del Mar dan S2 Mulholland yang ada. Diprediksi motor listrik itu dimaksudkan untuk menargetkan pasar entry-level.



Tampaknya, model ini yang akan menjadi platform calon motor listrik Kymco, yang diyakini adalah model RevoNEX dan SuperNEX. Kedua model itu diketahui sudah lama digaungkan oleh Kymco, tapi harus tertunda beberapa tahun.

Jika LiveWire S3 mendatang dan model listrik bermerek Kymco berikutnya mulai membuahkan hasil, kemungkinan besar motor listrik ini akan didasarkan pada platform Arrow yang sama dengan yang ditemukan pada seri S2.

Sebagai referensi, motor listrik ini akan menghasilkan tenaga 63 kW (sekitar 84 hp) dan torsi puncak 263 Nm. Jelas ini merupakan tenaga yang sangat mengesankan dari motor listrik.



Tapi, diprediksi motor listrik S3 akan lebih kecil dan kurang berorientasi pada performa dibandingkan model S2. Pada 2021, ketika portofolio produk LiveWire dirilis, perusahaan menyatakan bahwa arsitektur Arrow akan diperkecil untuk “kendaraan roda dua ringan.”

Prospek sepeda motor listrik yang ringan dan lebih terjangkau selalu menarik, terlebih jika datang dari perusahaan ternama seperti LiveWire dan Kymco .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)