Mengenal Genesis, Merek Premium Hyundai yang Semakin Mendunia

Rabu, 15 Mei 2024 - 07:00 WIB
loading...
Mengenal Genesis, Merek Premium Hyundai yang Semakin Mendunia
Genesis menjadi andalan Hyundai untuk menyasar pasar premium dengan mobil yang harganya diatas Rp1 miliar. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ketua Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong (STY) bakal mengendarai sedan mewah Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase untuk menemani aktivitas sehari-harinya. Tapi, banyak juga yang belum paham dengan merek Genesis. Seperti apa?

Genesis adalah sub brand premium dari Hyundai. Seperti Honda yang memiliki Acura, Toyota dengan Lexus, serta Nissan lewat Infiniti.

Bedanya, usia Genesis paling muda. Jika Hyundai Motor sudah beroperasi sejak 1967, maka merek Genesis baru hadir di 2015.

Meski baru dan segar, tapi Genesis cepat sekali populernya. Ini karena keseriusan Hyundai dalam mengembangkan Genesis. Genesis menjadi tempat bagi engineer Hyundai untuk bereksperimen dengan berbagai teknologi terbaru dan tercanggih.

Mengenal Genesis, Merek Premium Hyundai yang Semakin Mendunia

Hasilnya, selama 3 tahun terakhir Genesis mendapat tempat bagi para konsumen berduit di Korea Selatan. Berturut-turut penjualan Genesis berada di atas 125 ribu unit pertahun di Negara Ginseng.

Tentu, hal tersebut jadi prestasi yang luar biasa untuk merek premium. Jika dibedah lagi, Korea Selatan menjual 1,449 juta unit mobil sepanjang 2023. Sekitar 75 persen (1 juta unit) diantaranya adalah Hyundai.

Maka, wajar jika Genesis mengambil 12 persen market share dari total penjualan Hyundai di Korea Selatan. Pengguna Hyundai akan upgrade ke Genesis jika ingin model yang lebih mewah.

Mulai Sedan hingga SUV
Mengenal Genesis, Merek Premium Hyundai yang Semakin Mendunia

Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase yang diberikan Hyundai untuk STY adalah mobil listrik mewah yang dipakai orang-orang penting (VVIP) sekelas kepala negara. Harganya juga tidak murah, mencapai Rp3,9 miliar.

Genesis G80 sendiri merupakan model terpopuler Genesis di pasar global. Model G80 sudah ada sejak 2016, jadi andalan Genesis untuk mendunia.

Mengenal Genesis, Merek Premium Hyundai yang Semakin Mendunia

Model tersebut memiliki dua opsi mesin, yakni ICE dan elektrik. Versi ICE-nya masih punya 3 opsi mesin, ykani 2.5 liter turbo, 3.5 liter twin turbo, atau 2.2 liter diesel V6.

Selain G80, Genesis juga punya sedan yang lebih premium dan mengusung mesin lebih besar G90 yang menggendong mesin 5.000 cc V8. Atau, ada juga sedan yang lebih kecil seperti G70.



Selain sedan, Genesis juga memiliki SUV mewah. Ada GV80, GV70, hingga GV60. Genesis juga sangat populer di negara seperti Amerika, menjadi alternatif lebih murah dibandingkan BMW atau Mercedes, tapi menawarkan kemudahan servis dan kemewahan serupa.

Sebelumnya, Hyundai juga sudah terlebih dulu memberikan 1 unit Hyundai Palisade dan 1 unit Staria untuk mendukung produktivitas harian pelatih timnas IndonesiaSTYpada2022.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)
pixels