Benarkan Mobil Hybrid Lebih Irit BBM, Ini Faktanya

Jum'at, 17 Mei 2024 - 10:21 WIB
loading...
Benarkan Mobil Hybrid Lebih Irit BBM, Ini Faktanya
Benarkan Mobil Hybrid Lebih Irit BBM. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konsumsi BBM mobil hybrid memang memiliki rata-rata yang bisa lebih hemat dibanding mobil bermesin konvensional.



Namun jika gaya mengemudi agresif dan sikap abai dalam perawatan adalah yang diimplementasi sehari-hari maka efisiensi konsumsi bahan bakar tetaplah sulit tercapai dari idealnya.

Mobil dengan teknologi hybrid menggabungkan mesin bensin konvensional dengan motor listrik yang ditenagai oleh baterai. Meskipun bahan bakar konvensional tetap digunakan, mobil ini menjadi salah satu yang paling irit BBM.

Ini terjadi karena mesin bensin tidak selalu digunakan secara terus-menerus. Saat kondisi mengizinkan, mobil akan menggunakan motor listrik, yang sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Berikut beberapa alasan mengapa mobil hybrid lebih irit:

Sistem Regeneratif: Saat pengereman, mobil hybrid dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang disimpan di baterai. Energi ini kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik, sehingga mengurangi penggunaan mesin bensin.

Mesin Bensin Lebih Efisien: Mesin bensin pada mobil hybrid umumnya dirancang untuk beroperasi di titik efisiensi maksimumnya lebih sering dibandingkan mobil konvensional. Hal ini karena motor listrik dapat membantu menggerakkan mobil saat akselerasi, sehingga mesin bensin tidak perlu bekerja terlalu keras.

Penggunaan Motor Listrik: Motor listrik tidak memerlukan bahan bakar, sehingga dapat membantu menghemat konsumsi BBM secara signifikan.

Seberapa iritnya mobil hybrid tergantung pada beberapa faktor, seperti:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9110 seconds (0.1#10.140)
pixels