GWM Resmi Kenalkan Souo S2000 Series Penantang Honda Gold Wing

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB
loading...
GWM Resmi Kenalkan Souo S2000 Series Penantang Honda Gold Wing
GWM Resmi Kenalkan Souo S2000 Series. FOTO/ SVMP
A A A
BEIJING - Produsen kendaraan asal China, Great Wall Motor (GWM) resmi memperkenalkan merek sepeda motor Souo S2000 GL dan S2000 ST.


GWM merupakan produsen mobil terbesar ke-19 di dunia setelah Subaru dan Nissan dan memasarkan merek seperti Ora, Haval, Tank, dan Great Wall

Peluncuran merek Souo juga secara tidak langsung menunjukkan ambisi GWM untuk bersaing dengan merek otomotif terkemuka dunia, Honda. Pasalnya, S2000 GL merupakan pesaing model andalan Honda, GL1800 Gold Wing.

Sebagai catatan, S2000 GL merupakan pesaing Gold Wing Tour yang hadir dengan sandaran pembonceng dan 'top case' sedangkan S2000 ST hanya dilengkapi side bag seperti Gold Wing Standard.

Meski GWM tidak membeberkan info detailnya, namun mereka tidak menyembunyikan soal spesifikasi mesinnya.

Pasalnya, Souo S2000 GL dan ST merupakan sepeda motor produksi pertama di dunia yang ditenagai mesin 2.000cc 8 silinder yang dipadukan dengan DCT (transmisi dual-clutch) 8 percepatan.

Sebagai perbandingan, Gold Wing ditenagai mesin enam silinder Unicam SOHC 1.833cc sedangkan S2000 GL dan ST mengadopsi sistem DOHC.

Namun, tata letak mirip Sayap Emas pada S2000 GL dan ST mencakup rangka aluminium cor yang dipadukan dengan garpu girder bergaya Hossack di bagian depan dan peredam kejut tunggal di bagian belakang. Menariknya, konsep serupa juga digunakan oleh Gold Wing dan BMW K 1600.

Bagi yang menganggap GWM hanya 'meniru' Gold Wing dan K1600, perlu dicatat bahwa sistem suspensi ini lebih cocok untuk sepeda motor besar dan berat karena faktor teknis. Pasalnya, gaya Hossack tidak hanya memberikan efek pegas yang lembut tetapi juga menghindari 'brake dive' yang berlebihan.

Meski begitu, desain S2000 GL dan ST tidak mengikuti cetakan yang sama dengan Gold WIng, apalagi bentuk bodinya lebih bersudut dan segitiga. GWM mengklaim sepeda motor tourer ini terinspirasi dari lukisan singa dalam sejarah Tiongkok.

Fitur penting lainnya adalah pencahayaan LED penuh, rem Brembo radial 4 piston kembar, speaker, pegangan dan jok berpemanas, serta rem parkir elektronik.

Selain itu, di stang juga terdapat tombol pengatur layar TFT, tombol pengatur penghalang angin, tombol pengatur suara, dan tombol gigi mundur elektronik.

Sementara karena S2000 ditenagai sistem DCT, terdapat tombol mode otomatis dan semi otomatis selain fungsi 'cruise control'.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)
pixels