Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman, Nyaman dan Legal

Jum'at, 24 Mei 2024 - 12:00 WIB
loading...
Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman, Nyaman dan Legal
Memilih bus pariwisata yang nyaman penting dipahami mereka yang hobi jalan-jalan. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Memilih bus pariwisata yang aman, nyaman, dan legal sangat penting untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

Isu tersebut menjadi penting setelah insiden kecelakaan bus rombongan study tour yang terjadi belum lama ini.

Bahkan, maraknya kasus kecelakaan bus study tour menuai usulan untuk membuat kebijakan yang melarang kegiatan murid sekolah ke luar kota.

Nah, berikut adalah beberapa tips memilih bus pariwisata yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Pilih Perusahaan Otobus (PO) Terpercaya

Cari informasi tentang reputasi PO tersebut. Baca ulasan dari pelanggan sebelumnya, periksa situs web mereka, dan tanyakan kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa mereka.

Pastikan PO tersebut memiliki izin operasional yang sah dari Kementerian Perhubungan. Anda dapat memeriksa legalitas PO dengan memasukkan nomor polisi salah satu armada bus mereka ke situs web SPIONAM (https://spionam.dephub.go.id).

2. Periksa Kondisi Fisik Bus

Pastikan bus dalam kondisi baik dan terawat. Periksa kebersihan interior dan eksterior, kondisi ban, rem, lampu, dan perlengkapan keselamatan lainnya.

Jika memungkinkan, lakukan uji coba singkat untuk merasakan kenyamanan suspensi dan kursi. Perhatikan tahun pembuatan bus. Bus yang terlalu tua mungkin memiliki masalah teknis yang lebih sering terjadi.

3. Fasilitas dan Kenyamanan

Pilih bus yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Pertimbangkan fasilitas seperti AC, toilet, TV, audio, Wi-Fi, dan kursi yang nyaman. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus, seperti kursi roda atau bagasi besar, pastikan bus dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

4. Pengemudi yang Berpengalaman dan Profesional

Pastikan pengemudi memiliki SIM yang sesuai dan pengalaman mengemudi bus pariwisata. Tanyakan tentang kebijakan PO terkait jam kerja pengemudi dan pergantian pengemudi untuk perjalanan jarak jauh.

Amati perilaku pengemudi selama perjalanan. Pengemudi yang baik akan mengemudi dengan hati-hati, mematuhi peraturan lalu lintas, dan mengutamakan keselamatan penumpang.

5. Asuransi Perjalanan

Pastikan PO memiliki asuransi perjalanan yang mencakup kecelakaan dan kerugian lainnya. Baca polis asuransi dengan cermat untuk memahami cakupan dan ketentuannya.

6. Harga Wajar

Bandingkan harga dari beberapa PO sebelum membuat keputusan. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena mungkin ada kompromi pada kualitas atau keamanan.


7. Komunikasi yang Baik dengan PO

Tanyakan semua pertanyaan yang Anda miliki tentang bus, rute, jadwal, dan biaya. Pastikan Anda memiliki kontak PO yang dapat dihubungi selama perjalanan jika terjadi masalah. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memilih bus pariwisata yang aman, nyaman, dan legal untuk perjalananAnda.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3032 seconds (0.1#10.140)
pixels