Mobil Listrik Premium China Zeekr Resmi Masuk Indonesia, Ini 6 Faktanya

Kamis, 06 Juni 2024 - 16:15 WIB
loading...
Mobil Listrik Premium...
Zeekr adalah mobil listrik premium dibawah Geely Holding Group. Sebelumnya mereka sudah ada di Thailand. Foto: Zeekr
A A A
JAKARTA - Indonesia kedatangan pabrikan mobil listrik baru. Zeekr, asal China, adalah mobil listrik premium dibawah naungan Geely Holding Group. Geely ini memiliki sejumlah merek otomotif. Antara lain Geely Auto, Volvo, Polestar, Lotus, London Electric Vehicle Company, Radar, hingga Cao Cao Mobility.

Seperti apa Zeekr di Indonesia? Mobil apa yang akan dibawa? Bagaimana kansnya? Berikut fakta masuknya Zeekr ke pasar lokal:

1. Menggandeng PT Premium Auto Prima (Premium Group)
Mobil Listrik Premium China Zeekr Resmi Masuk Indonesia, Ini 6 Faktanya

Zeekr masuk Indonesia lewat kerja sama dengan PT Premium Auto Prima (Premium Group). Premium Group menjadi Agen Pemegang Merek (APM) untuk Zeekr di Indonesia.

MoU kerjasama dilakukan di Park Hyatt, Jakarta, Rabu (5/6), oleh JinHong Lin Darwin selaku Managing Director PT Premium Auto Prima dan Alex Bao Zhuangfei, Managing Director & Head of SEA Region Zeekr.

“Kami ingin menghadirkan mobil listrik ramah lingkungan yang premium,” beber JinHong Lin Darwin.

2. Zeekr Mengincar Pasar Asia Tenggara

Head of SEA Region Zeekr Alex Bao Zhuangfei menyebut Indonesia jadi pasar penting bagi Zeekr. “Kemitraan ini akan memperluas ekspansi kami di Asia Tenggara,” ungkap Alex.

Sebelumnya, Zeekr sudah terlebih dulu hadir di Thailand dan Singapura. Konsumen Thailand sudah bisa memesan SUV Zeekr X dan MPV Zeekr 009 sejak 25 Maret silam di Bangkok International Motor Show 2024.

Bahkan, Zeekr sudah menggandeng Premium Auto di Singapura sejak Desember 2023.

Strategi Zeekr untuk “go international” sudah ada sejak 2023. Saat ini, mobil mereka sudah dipasarkan di Eropa hingga Timur Tengah dan Asia.

3. SUV Zeekr X dan MPV Zeekr 009
Mobil Listrik Premium China Zeekr Resmi Masuk Indonesia, Ini 6 Faktanya

Strategi penetrasi Zeekr di pasar internasional serupa. Yakni, mengandalkan SUV Zeekr X dan MPV Zeekr 009. Untuk tahap pertama, mereka menargetkan kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Termasuk membuka flagship showroom di Jakarta Selatan, BSD City, serta membawa pop-up store di mal kelas atas. Peluncuran produk yang ditargetkan pada kuartal keempat tahun ini. Sayangnya, mereka tidak ikut andil di pameran GIIAS 2024.

4. Mobil Listrik Premium

Zeekr mengklaim sebagai mobil listrik premium dengan konsep Sustainable Experience Architecture (SEA). Mereka memiliki teknologi baterai, sistem manajemen baterai, motor listrik, dan rantai pasokan sendiri.

Pusat penelitian Zeekr ada di Ningbo, Hangzhou, Gothenburg, dan Shanghai. Tim teknik di Swedia mengerjakan teknologi seperti arsitektur kendaraan, powertrain, sasis, dan advanced driver assistance systems (ADAS).

Maklum, mereka memiliki sebagian besar saham Volvo yang juga asal Swedia.

5. Baru 3 Tahun Jualan Mobil

Zeekr terbilang sangat muda. Sebab, mereka baru berjualan mobil sejak 2021. Saat ini, Zeekr sudah menjual lebih dari 260.000 unit kendaraan. Termasuk Zeekr 001, Zeekr 001 FR, Zeekr 009 MPV, Zeekr X, dan Zeekr Mix.


6. Siap IPO di Amerika

Meski baru seumur jagung, Zeekr sedang bersiap melakukan IPO. Mereka menargetkan valuasi hingga USD5,13 miliar dalam penawaran umum perdana (IPO) di AS. Ini bakal jadi IPO besar pertama oleh perusahaan yang berbasis di China selama dua tahun terakhir. Valuasi Zeekr sendiri disebut mencapai USD13 miliar setelah putaran pendanaan pada Februari 2023.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)