9 Penyebab Lampu Motor Mati Mendadak yang Sering Dialami Bikers

Senin, 17 Juni 2024 - 10:39 WIB
loading...
9 Penyebab Lampu Motor Mati Mendadak yang Sering Dialami Bikers
Penyebab lampu motor mati mendadak. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Penyebab lampu motor mati kerap menjadi pertanyaan sebagian pemilik kendaraan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lampu motor tiba-tiba mati.



Lampu pada sepeda motor merupakan komponen penting dalam sistem penerangan kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara, terutama saat malam hari atau dalam kondisi buruk.

Tak hanya sebagai fungsi penerangan, lampu juga bisa digunakan untuk menjadi indikator pengendara saat akan belok ke kanan atau kiri hingga saat akan berhenti menggunakan rem. Jika lampu motor mati maka akan sangat berbahaya bagi pengendara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut SINDOnews penyebab lampu motor mati.

Penyebab Lampu Motor Mati Mendadak

1. Korsleting Listrik

Korsleting listrik menjadi salah satu penyebab paling umum lampu motor mati. Ini dapat terjadi akibat kabel rusak, kabel terkelupas atau masalah di sekitar switch lampu. Solusinya adalah untuk memeriksa seluruh kabel listrik dan segera memperbaiki.

2. Fuse Terbakar

Fuse atau sekering digunakan untuk melindungi sistem listrik motor dari arus berlebih. Jika lampu motor mati tiba-tiba, mungkin fuse telah terbakar. Ganti fuse dengan yang baru dengan yang standar pabrik.

3. Aki Lemah

Jika daya aki terlalu rendah, lampu motor tidak akan menyala dengan sempurna. Cek kesehatan aki secara berkala dan pastikan untuk menggantinya jika sudah habis masa pakainya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3419 seconds (0.1#10.140)
pixels