Cara Ganti Lampu Motor Bohlam Menjadi Lampu LED

Sabtu, 02 April 2022 - 20:06 WIB
loading...
Cara Ganti Lampu Motor Bohlam Menjadi Lampu LED
Cara ganti lampu motor bohlam jadi LED ternyata cukup mudah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Saat ini motor baru memang sudah banyak menggunakan lampu LED sebagai lampu bawaan. Wajar, jika kemudian standar para riders berubah. Mereka jadi gandrung dengan lampu LED yang mampu memberikan pencahayaan terang tersebut.

Motor dengan lampu bohlam sendiri sebenarnya bisa diganti dengan lampu LED. Anda yang memiliki motor keluaran lama tak perlu khawatir ketinggalan tren karena penggantian bisa dilakukan dengan mudah dan bisa digarap sendiri di rumah.

Nah seperti apa langkah-langkah mengganti lampu motor bohlam menjadi LED? Untuk menjawabnya, simak paparan berikut ini.

Untuk menyematkan lampu LED pada motor dengan lampu bohlam pertama-tama harus memilih socket atau fitting yang sesuai dengan motornya. Jika motor kalian bebek, bisa gunakan tipe H6 dan jika motor sport bisa gunakan tipe H4.

Lakukanlah pemasangan dengan mengikuti jalur peletakan mur yang sudah tersedia pada lampu LED. Jadi kalian hanya perlu mengaitkan dan mengencangkannya.

Setelah tahap pertama selesai, letakkanlah per di tempat lampu. Apabila sudah, lampu LED bisa dipasang pada reflektor layaknya memasang bohlam biasa.

Selanjutnya masuk ke sistem perkabelan, dan untuk tahap ini terbilang sedikit rumit. Pertama, perlu memotong fitting utama dan kabel pada lampu bawaan motor.

Setelah itu, lakukan penyambungan pada masing-masing kabel dengan kabel lampu LED yang akan dipasang.

BACA JUGA: Beli Vespa Selama Ramadan, Piaggio Sediakan Voucher Rp20 Juta

Kabel berwarna hijau artinya arus negatif, kabel berwarna biru merupakan lampu jauh, dan kabel berwarna putih untuk lampu dekat.

Pastikan tidak lupa untuk menutup setiap sambungan kabel-kabel tersebut menggunakan isolasi, agar potensi hubungan arus pendek/korslet bisa dihindari.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2570 seconds (11.210#12.26)