Dashcam Selamatkan Pengendara dari Tuduhan Insiden di Jalan

Jum'at, 28 Juni 2024 - 11:40 WIB
loading...
Dashcam Selamatkan Pengendara dari Tuduhan Insiden di Jalan
Rekaman dashcam berhasil mengungkap kebenaran dan membebaskan pengemudi dari tuduhan yang tidak berdasar.. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Insiden mengejutkan terjadi di salah satu jalan raya pagi ini, 15 Juni 2024, di Jl. Bambu Larangan, Kalideres, Jakarta Barat, ketika seorang ibu bersama anaknya tiba-tiba terjatuh di depan sebuah mobil yang melintas.



Kejadian ini awalnya memicu kesalahpahaman di antara masyarakat yang menyaksikan, mengira pengemudi mobil tersebut sebagai penyebab kecelakaan. Namun, rekaman dashcam berhasil mengungkap kebenaran dan membebaskan pengemudi dari tuduhan yang tidak berdasar.

Rizky, pengemudi yang terlibat dalam insiden tersebut, menggunakan dashcam merek DEKKA yang mampu merekam kejadian dalam resolusi 4K. Berkat perangkat ini, setiap detail insiden terekam dengan jelas, menunjukkan bahwa ibu dan anak tersebut jatuh bukan karena tertabrak mobil, melainkan karena gagal menaiki kendaraan bermotor yang sedang diparkir di tepi jalan.

“Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, namun sekarang setidaknya kita memiliki bukti yang cukup bisa diandalkan,” ungkap Rizky dengan lega setelah menunjukkan rekaman dashcam kepada pihak berwenang.

Keberadaan dashcam beresolusi tinggi seperti DEKKA semakin penting mengingat maraknya kasus kecelakaan palsu yang sudah ditargetkan di jalan-jalan yang tidak terpantau CCTV. Kasus-kasus ini sering kali bertujuan untuk meminta tebusan dari pengendara yang lewat, meski tanpa bukti.

Biasanya, pelaku dari kejadian seperti ini sudah bekerjasama dengan preman setempat, menjadikan pengendara sebagai korban yang mudah dieksploitasi.
Peran dashcam dalam kasus ini tidak hanya membantunya membuktikan ketidakbersalahannya, tetapi juga menjadi bukti betapa pentingnya perangkat ini dalam menjaga keamanan di jalan raya.

Dengan rekaman berkualitas tinggi, setiap insiden bisa dianalisis dengan tepat, menghindarkan pengendara dari kesalahpahaman dan potensi kerugian yang lebih besar.
Peristiwa ini menjadi pengingat bagi semua pengendara untuk selalu waspada dan mempertimbangkan penggunaan dashcam berkualitas tinggi sebagai langkah preventif dalamenghadapi situasi tak terduga di jalan.

Dihubungi secara terpisah, Arianto Furiady, CEO PT SUPERSPRING, produsen Dashcam Merk DEKKA yang dipakai oleh pengemudi, menjelaskan keunggulan produk tersebut. “DEKKA menawarkan complete-solution artinya harga yang kami tawarkan itu gratis biaya pasang, gratis memory-card, dan juga sudah termasuk hard-wire kit. Pembeli tidak perlu repot lagi mencari bengkel tempat pasang dan tidak ada biaya tersembunyi lainnya."

“Kelebihan Dashcam DEKKA ini memiliki harga terjangkau mulai Rp.900-ribuan untuk tipe 1 kamera, hingga Rp. 2-jutaan untuk tipe 2 kamera resolusi 4K, tanpa ada embel-embel biaya tersembunyi karena sudah mencakup free pemasangan di lebih dari 51 kantor cabang PT SUPER SPRING, mendapatkan hardwire kit, dan free memory card.” tutup Arianto
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)
pixels