Fakta BYD M6, MPV Listrik 7 Penumpang yang Dirancang untuk Pasar Indonesia

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:59 WIB
loading...
Fakta BYD M6, MPV Listrik...
BYD M6 setir kanan yang terlihat mondar-mandir di China. Foto: CarNewsChina
A A A
CHINA - BYD mencoba memenuhi kebutuhan MPV elektrik di pasar Indonesia yang masih kosong lewat BYD M6. Benarkah mobil ini akan dikenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024? Berapa harganya?

Foto bocoran BYD M6 terlihati 2 negara: China dan Indonesia. Di China, sejumlah media melaporkan bahwa BYD M6 berkelir putih terlihat di jalanan tanpa kamulfase. Sedangkan di Indonesia, mobil yang diduga BYD M6 terlihat sedang melakoni tes jalan.

Dari bodi dan ukurannya, BYD M6 terlihat menyasar pasar yang paling gemuk di Indonesia: low multi-purpose vehicle (LMPV). Meski membawa nama baru, BYD M6 sebenarnya sangat mirip dengan BYD Song Max DM-i yang sudah ada sejak 2017.

Yang berbeda, BYD Song Max DM-I adalah mobil Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang juga sangat populer di China. Sementara BYD M6 adalah mobil listrik murni.

Nah, yang jadi pertanyaan besar, mengapa mengapa BYD membuat varian elektrik dari model yang sudah bertahun-tahun ada?

Jawabannya, di China foto BYD M6 yang beredar menggunakna setir kanan. Artinya, BYD M6 adalah model yang dikhususkan untuk ekspor. Kemana?

Tentu saja ke Asia Tenggara. Lebih khusus lagi, ke Indonesia yang memiliki pasar LMPV yang sangat gemuk. Hal ini ditegaskan dengan diler BYD yang dikonfirmasi mengaku sudah membuka

Desain Eksterior Mirip Song Max, dengan Sentuhan Lebih Agresif
Fakta BYD M6, MPV Listrik 7 Penumpang yang Dirancang untuk Pasar Indonesia

Secara desain eksterior, M6 mempertahankan banyak elemen gaya dari Song Max standar, termasuk gril depan dan konfigurasi lampu depan. Sebuah palang krom dengan logo BYD menghubungkan kedua unit lampu depan.

Perbedaan yang mencolok terletak pada side air intake yang lebih besar dan menonjol dibandingkan Song Max biasa. Profil samping M6 masih mempertahankan garis sabuk dinamis dari model saat ini.

Di bagian belakang, desainnya sebagian besar tidak berubah, dengan lampu belakang besar yang dihubungkan oleh trim krom. Secara keseluruhan, gaya M6 kental sebagai MPV, dan lencana “pure electric” terlihat jelas.

Dimensi dan Powertrain Masih Misterius
Fakta BYD M6, MPV Listrik 7 Penumpang yang Dirancang untuk Pasar Indonesia

Berdasarkan dimensi Song Max, M6 diperkirakan memiliki ukuran 4710/1810/1880 mm dengan jarak sumbu roda 2785 mm.

Namun, detail mengenai powertrain M6 masih belum jelas. Saat ini, Song Max hanya menggunakan sistem plug-in hybrid dengan mesin 1.5 liter dan motor listrik, yang menghasilkan jangkauan listrik hingga 105 km (CLTC).

Karena M6 adalah mobil listrik murni, perbandingan yang lebih tepat mungkin adalah dengan generasi kedua e6, yang juga berbasis Song Max dan dilengkapi baterai Blade 71,7 kWh dengan jangkauan 522 km (WLTP).



Nama M6 sebenarnya bukan hal baru bagi BYD. Nama ini pernah digunakan untuk MPV bermesin bensin yang diproduksi antara 2010 dan 2017. Namun, model tersebut kurang sukses di pasaran. BYD berharap M6 generasi kedua yang sepenuhnya elektrik ini akan meraih penjualan yanglebihbaik.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4602 seconds (0.1#10.140)