5 Tips Membeli Mobil Ex Taksi, Nomor 1 Paling Penting

Selasa, 23 Juli 2024 - 11:00 WIB
loading...
5 Tips Membeli Mobil...
Membeli mobil ex taksi memiliki plus dan minus yang harus diketahui. Foto: Bluebird
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tips membeli mobil ex taksi yang penting diketahui. Salah satunya menghindari iming-iming harga murah yang tidak masuk akal.

Saat mencari mobil bekas, salah satu tujuan yang biasa disasar orang-orang adalah ex taksi. Alasannya cukup beragam, termasuk karena harganya yang relatif terjangkau dibanding mobil-mobil bekas biasa.

Kendati harganya lebih murah, Anda wajib waspada ketika hendak membeli mobil bekas taksi. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan sebelum membelinya. Berikut di antaranya.

Tips Membeli Mobil Ex Taksi

1. Jangan Tergiur Harga Murah Tak Masuk Akal

Pada bursa jual beli mobil bekas, masing-masing memiliki harga pasaran yang berbeda-beda, termasuk bekas taksi. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menemukan harga yang terlalu murah atau mungkin tidak masuk akal.

Sesuai namanya, mobil bekas tentunya punya harga terjangkau. Akan tetapi, calon pembeli wajib untuk tetap waspada karena harga murah bisa saja jadi masalah.

Maka dari itu, jika menemukan mobil bekas ex taksi dengan harga yang kurang masuk akal murahnya, lakukan berbagai pengecekan terlebih dahulu. Jika sudah jelas kelengkapan dan kondisinya, barulah Anda bisa melanjutkan transaksi.

2. Periksa Kelengkapan Surat

Meski mobil yang dibeli statusnya bekas, Anda tetap harus memeriksa kelengkapan suratnya. Sebelum resmi membeli, periksa surat-surat kendaraan seperti STNK hingga BPKB.

Setelah itu, cobalah untuk mencocokan nomor rangka dan mesin telah sesuai dengan STNK dan BPKB. Apabila ingin ganti nama, pastikan hal-hal semacam itu dilakukan sesuai prosedur yang resmi oleh perusahaan taksi terkait.

3. Cek Kondisi

Seperti halnya barang lain, Anda juga perlu memeriksa kondisi mobil bekas sebelum membelinya. Cek pada bagian penting seperti mesin, radiator, kaki-kaki hingga interiornya.

Apabila merasa kurang paham soal mobil, Anda bisa mengajak teman atau kenalan mekanik yang sudah ahli. Lakukan pengecekan secara menyeluruh dan berurutan.

Selain itu, pastikan juga bahwa mobil taksi itu bukan bekas kecelakaan berat atau banjir. Kondisi seperti di atas ditakutkan dapat memunculkan masalah pada mobil di kemudian hari.

4. Beli di Pihak yang Terpercaya

Tips membeli mobil ex taksi berikutnya adalah mencari pihak penjual yang terpercaya. Anda dapat memilih perusahaan taksi yang memang memiliki reputasi baik dalam penjualan unit-unit bekasnya.

Pada perusahaan yang bagus, mereka biasa melakukan perawatan berkala atas armadanya. Alhasil, nantinya bekas taksi yang Anda beli masih dalam kondisi terawat dan nyaman digunakan.


5. Coba Test Drive

Sebelum membeli mobil bekas taksi, Anda juga dapat mencoba test drive. Langkah ini dilakukan untuk merasakan kenyamanan hingga performa mesin pada mobil yang akan dibeli.

Jika dirasa kondisinya masih nyaman dipakai, Anda bisa melanjutkan transaksi. Sebaliknya, apabila menemukan beberapa masalah atau keluhan selama test drive, pertimbangkan kembali untuk mencari mobil bekas taksi lainnya.

Demikian ulasan mengenai deretan tips membeli mobil ex taksi yang bisa diperhatikan. Semogabermanfaat.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)