Spesifikasi GAC Aion Y Plus: Mobil Listrik Harga Terjangkau dengan Jarak Tempuh 490 KM

Rabu, 24 Juli 2024 - 17:26 WIB
loading...
Spesifikasi GAC Aion...
Spesifikasi GAC Aion Y Plus, mobil listrik yang mejeng di GIIAS 2024 dengan harga Rp400 jutaan menarik diketahui. Foto: Muhamad Fadli RAmadan
A A A
ICE BSD - GAC Aion akhirnya unjuk gigi di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, dengan meluncurkan mobil listrik Aion Y Plus. Ini merupakan mobil listrik yang menawarkan teknologi canggih dan jarak tempuh luar biasa.

GAC Aion hadir di Indonesia di bawah naungan PT Indomobil Energi Baru dengan menghadirkan mobil listrik sebagai pilihan mobilitas ramah lingkungan konsumen Indonesia. Aion Y Plus sendiri ditawarkan dalam dua pilihan varian, yakni Exclusive dan Premium, dengan perbedaan pada jarak tempuhnya.

Mobil listrik Aion Y Plus menawarkan konfigurasi 5-penumpang dengan kabin yang lapang dan bagasi luas. Kondisi ini membuat penumpang lebih nyaman ketika berada di dalam kabin untuk perjalanan panjang.

Mobil listrik ini memiliki dimensi dengan ukuran panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Sementara ruang kaki di baris kedua mencapai 1.022 mm, dan diklaim sebagai yang terluas di kelasnya.

Spesifikasi GAC Aion Y Plus: Mobil Listrik Harga Terjangkau dengan Jarak Tempuh 490 KM

Secara tampilan eksterior, Aion Y Plus memiliki bahasa desain yang sama seperti mobil listrik lainnya. Tampak depan tidak dilengkapi gril tapi diganti dengan lekukan halus agar tidak terjadi hambatan udara yang berpengaruh pada konsumsi baterai.

Lampu depannya sangat menarik perhatian karena membentuk seperti sayap apabila disatukan. Sementara bagian belakangnya terlihat lebar dengan LED DRL yang menyambungkan antara lampu rem kanan dan kiri.

Spesifikasi GAC Aion Y Plus: Mobil Listrik Harga Terjangkau dengan Jarak Tempuh 490 KM

Masuk ke bagian dalam, kesan nyaman menjadi sorotan utama pada mobil listrik ini. Terdapat pengaturan jok 'Sofa Mode' seperti di Wuling Cloud EV. Apabila ingin mengaktifkannya, perlu melepas komponen headrest bangku depan dan merebahkan secara penuh kursinya dengan electric adjuster seat yang sudah tersedia.

Urusan fitur juga jadi daya jual, head unit yang jadi pusat kontrol fitur punya bentang layar 14,6 inci dipadukan dengan MID Cluster meter berukuran 10,25 inci. Mobil ini juga dilengkapi Panoramic Sunroof dengan Electric Sunshades.

Urusan kaki-kaki, GAC Aion Y Plus mengemas suspensi Macpherson Strut Independent di depan dan Torsion Beam di belakang. Seluruh roda dibalut dengan pelek berukuran 18 inci profil ban 215/50. Roda pada bagian depan dan belakang juga telah dilengkapi dengan pengereman cakram.



Soal performa, dua varian Aion Y Plus menggunakan motor listrik bertenaga 201 hp dan torsi puncak 225 Nm. Perbedaan terdapat pada kapasitas baterai, di mana varian eksklusif menggunakan magazine battery lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 50,6 kWh dengan jarak tempuh maksimum 410 km.

Sementara varian premium dibekali baterai dengan jenis yang sama berkapasitas lebih besar, yakni 63,2 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak 490 km.

Untuk harga, GAC Aion Y Plus dibanderol mulai Rp415 juta sampai Rp475 juta. Harga tersebut berstatus on the road(OTR)Jakarta.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)