Mesin Mudah Masuk Air, BMW Tarik Kembali R 1300 GS

Minggu, 04 Agustus 2024 - 15:15 WIB
loading...
Mesin Mudah Masuk Air,...
BMW Tarik Kembali R 1300 GS. FOTO/ RIDEAPART
A A A
BERLIN - BMW Motorrad tarik kembali model R 1300 GS di seluruh dunia. Menurut laporan keselamatan yang diajukan ke Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), rumah relai starter mesin bermasalah.



Cacat ini dapat menyebabkan housing rentan terhadap kerusakan pada saat perakitan sepeda motor atau pada saat melakukan perawatan di dealer, sehingga memungkinkan masuknya uap air. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan korosi pada sambungan listrik internal di dalam relai.

Kebocoran arus antara sambungan yang terkorosi dapat mengakibatkan kerusakan termal pada relai starter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya panas atau kebakaran. BMW mengatakan pengendara harus mewaspadai tanda-tanda peringatan seperti motor starter menyala sendiri, bau komponen kelistrikan yang terlalu panas, dan bahkan asap.

BMW mengalami masalah ini bahkan saat acara peluncuran pada bulan Oktober 2023 dengan beberapa sepeda tidak dapat dihidupkan, atau motor starter berjalan dengan sendirinya. Masalahnya ditelusuri ke rumah relai starter yang memungkinkan masuknya uap air.

BMW melakukan penarikan pertama pada bulan Februari 2024 untuk mengganti penutup plastik relai, tetapi masalah tetap ada, yang menunjukkan bahwa perbaikan tersebut tidak efektif. Jadi, penarikan kembali dikeluarkan pada Juli 2024.

Diperkirakan 25.000 unit BMW R 1300 GS terkena dampaknya, yang diproduksi antara 14 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)