Mantan Desainer BMW Kritik Grille BMW yang Tidak lagi Khas BMW

Senin, 18 Januari 2021 - 23:35 WIB
loading...
Mantan Desainer BMW Kritik Grille BMW yang Tidak lagi Khas BMW
BMW iX rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun 2021. Mobil itu hadir dengan kidney grille yang provokatif. Foto/IST
LONDON - Frank Stephenson, mantan desainer BMW mengkrtik kidney grille BMW yang semakin lama ukurannya semakin besar. Desainer BMW X5 edisi pertama itu malah mengatakan mobil-mobil SUV besar buatan BMW tidak akan cocok dengan kidney grille baru dari BMW itu.

"BMW mengatakan grille ukuran besar itu akan cocok dengan mobil berukuran besar. Tapi menurut saya hal itu sama sekali tidak terjadi," uap pria Moroko yang juga mendesain mobil sport legendaris lainnya seperti McLaren P1 dan Ferrari FXX.Baca juga : Chevrolet Corvette Sukses Jadi Mobil Sport Paling Laris di 2020

Mantan Desainer BMW Kritik Grille BMW yang Tidak lagi Khas BMW


Dia mencontohkan penggunaan kidney grille yang ada di BMW iX. Menurut dia kidney grille itu justru sangat tidak cocok dengan desain BMX iX yang secara dimensi cukup besar. Dia malah mengkritik tim desainer BMW yang kurang begitu atraktif dalam mendesain BMW iX. Selain itu desain BMW iX juga tidak punya dinamika yang kuat untuk mengimbang ukuran kidney grille yang sangat besar.



"Lampu depannya malah sangat kecil. Jika grille dilepas, mobil itu bahkan sama sekali tidak terlihat seperti sebuah BMW. Seperti mobil yang kehilangan jiwa aslinya," ucap pria yang pernah dinobatkan sebagai Desainer Paling Penting Abad Ini oleh majalah Motor Trend.

Dia juga mengatakan saat ini tim desainer BMW salah kaprah dalam mendesain kidney grille. Dulu, ketika dia masih bergabung bersama BMW, dia selalu mengikuti prinsip perusahaan mobil asal Jerman saat memasang kidney grille di setiap mobil-mobil BMW.Baca juga : Skutik Listrik Buatan Singapura Tampil Futuristik

"Dulu kami diminta untuk membuat kidney grille secara terpisah dan kemudian disatukan. Sekarang, mereka seperti membuat kidney grille jadi seperti satu kesatuan," terangnya.



Dia menduga desain BMW iX, yang terlalu standar menurutnya, dibuat oleh tim produk desainer. Bukan dari tim desainer mobil. Alhasil mobil itu jadi lebih tampil seperti sebuah produk ketimbang mobil.

Dia prihatin karena BMW iX justru terlihat menarik hanya di bagian dalamnya saja yakni interior yang memiliki banyak fungsi canggih. "Sebelumnya BMW bisa membuat orang jatuh cinta karena desainnya. Untuk kali ini orang justru jatuh cinta ke sebuah kulkas," ucap Frank Stephenson yang menyamakan BMW iX dengan kulkas.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE