Spesifikasi My Room, Camper Van Nissan Berkonsep Hotel

Senin, 12 Agustus 2024 - 09:47 WIB
loading...
Spesifikasi My Room,...
MyRoom diperkirakan akan dibanderol senilai Rp597 juta. Foto/New Atlas
A A A
JAKARTA - Pabrikan mobil Nissan terkenal dengan jenis SUV dan truk. Kali ini produsen asal Jepang ini menjajal pasar camper van alias recreational vehicle (RV).

Nissan merancang beberapa konsep spesifikasi camper van dan menjual beberapa mini-camper serbaguna di dealer di seluruh dunia. Salah satunya Caravan MyRoom produk terbaru yang memasuki pasar, debut sebagai RV mungil yang sangat hangat dan nyaman.

Fitur-fitur penghemat ruang seperti tempat tidur lipat yang rapi dan meja geser bisa menjadi tempat kerja ataupun ruang makan. New Atlas melansir, Senin (12/8/2024) Nissan melakukan beberapa hal yang benar-benar berkesan dengan spesifikasi camper van selama dekade terakhir.

Masa pandemi Covid-19 justru membuat Nissan produktif merilis lebih dari satu konsep camper van ataupun adventure van per tahunnya. Spesifikasi camper van Nissan pun dianggap paling menarik karena bisa digunakan di berbagai medan, seperti area bersalju, kamp musim panas hingga libur di tepi pantai.

Nissan juga membawa beberapa camper van ke jajaran pasar global lewat pendekatan lokal. Camper van-nya digambarkan bisa dipakai sebagai shelter memancing ala Jepang, area berjemur segala medan, hingga area berjemur matahari di Jerman dan pop-top listrik seperti di Spanyol.



Melihat sedikit lebih jauh ke belakang, sejarah Nissan memperjelas bahwa mereka bukan hanya pendatang baru yang mencoba mengambil keuntungan dari popularitas RV pra dan pasca pandemi. Hampir 20 tahun lalu, mereka membantu menghidupkan kembali Airstream Basecamp.

Konsep tersebut seperti trailer berkemah di darat terkeren yang pernah datang dari merek arus utama. Pengalaman ini sekaligus sebagai bentuk ekspansi van sporty.

Kontribusi terbaru Nissan untuk pasar RV telah berjalan penuh dari konsep fantastis, ke model edisi terbatas, dan sekarang menjadi andalan dealer. Nissan awalnya memperkenalkan Caravan MyRoom sebagai debut konseptual di Tokyo Auto Salon 2022. Berlanjut pada Oktober 2023, camper van ini diumumkan sebagai edisi khusus pasar Jepang.

MyRoom "Launch Edition" menjadi kesuksesan besar karena Nissan membawanya kembali bulan Agustus ini sebagai jajaran Caravan domestik. Pabrikan mobil tersebut tentu saja telah mengurangi desain secara ekstensif dari konsep kamar hotel yang penuh dengan sofa dan kasur asli dengan TV.

Seperti namanya, Nissan mengambil lebih banyak inspirasi dari desain kamar hotel daripada perlengkapan camper van, menekankan ruang, minimalisme, dan kenyamanan. Jadi MyRoom melewatkan kesan RV seperti penyimpanan peralatan dapur dan kamar mandi untuk mempertahankan kelapangan ruang, bergantung pada perabotan yang dapat disimpan untuk lebih meningkatkan perasaan keterbukaan.



Tetapi mereka masih melakukan pekerjaan yang bagus dalam membawa nuansa retret spa dari konsep asli. MyRoom termasuk kategori kendaraan baru untuk pengemudi yang menginginkan ruang pribadi untuk bersantai dan terhubung dengan alam.

Spesifikasi camper van Nissan ini terdiri atas panel kayu sedikit lebih gelap daripada konsep 2022. Panelnya mendominasi seluruh interior karena menutupi dinding, lantai, dan langit-langit tengah.

Sofa memanjang dari versi lama diganti dengan bangku baris kedua multiguna yang menggunakan desain berputar untuk beralih antara mode menghadap ke depan dan belakang. Model ini menjadi alternatif dari kursi putar yang umum di camper van.

Bangku dua tempat duduk bahkan memberikan dukungan sandaran yang lebih kuat saat menghadap ke depan saat mengemudi dan perasaan yang lebih lembut dan lebih seperti sofa dalam mode lounge menghadap ke belakang. Kursinua juga bisa dilipat rata sepenuhnya.

Ketika menilik tempat tidur utama, Nissan menawarkan dua pilihan, yakni tempat tidur lipat berdesain klasik serta kasur lipat multi-bagian. Konsep kasur lipat tercipta dengan memangkas seluruh dasar tempat tidur dengan panel kayu yang sama dengan seluruh kabin. Jadi ketika dilipat pada siang hari, kasur terlihat menghilang.

Opsi tempat tidur lainnya dipasang di atas rak terintegrasi dinding pada malam hari dan disimpan dengan rapi di atas rak yang sama pada siang hari.

Nissan memasang meja geser ke dalam slot dinding samping yang memanjang sepanjang kabin. Meja ini memungkinkan permukaan yang dapat dipindahkan digunakan dengan bangku sofa depan sebagai meja makan dan tempat kerja tegak formal. Di atas tempat tidur sebagai meja santai dan meja laptop, atau dengan bangku sofa sisi penumpang kiri sebagai meja samping. Tutup meja juga dapat dilepas dan disimpan saat tidak diperlukan.

Tirai horizontal di atas jendela dan tirai menjadi area privasi lebih seperti fitur hotel daripada opsi RV. Item ini sekaligus menambahkan beberapa ruanh privasi dan berfungsi sebagai penyesuaian cahaya.

Meskipun tidak ada penyimpanan gas elpiji atau galon air, MyRoom memiliki daya listrik. Nissan menambahkan stasiun daya "Portable Battery from Leaf" yang dikembangkan bersama dengan JVC Kenwood dan 4R Energy tahun lalu.

Stasiun daya isi ulang all-in-one ini mengandalkan sel baterai bekas dari Nissan Leaf untuk menghasilkan daya AC 100V untuk mencolokkan peralatan dan elektronik. Baterai ini terintegrasi dengan rapi di dalam van di belakang panel kayu untuk memberikan pengalaman colokan gaya residensial yang lebih baik.

MyRoom akan memasuki jaringan dealer Nissan Jepang bulan ini sebagai 2WD dan 4WD. Harganya akan dibanderol mulai dari 37,5 ribu dollar AS atau senilai Rp597 juta.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)