Toyota Kembangkan Mesin 2000cc Terkuat di Dunia?

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:19 WIB
loading...
Toyota Kembangkan Mesin...
Mesin Toyota. FOTO/ DAILY
A A A
TOKYO - Toyota sedang aktif mengembangkan mesin bensin yang mampu menghasilkan tenaga hingga 592 tenaga kuda untuk varian balapnya tanpa menggunakan bantuan motor listrik.


Untuk varian yang bisa digunakan di jalan raya, situs ini menegaskan mesin 2000cc ini mampu menghasilkan tenaga 395 tenaga kuda dan torsi 550Nm. Untuk varian bawah mampu menghasilkan tenaga hingga 296 tenaga kuda dan torsi 400Nm

Menurut situs Best Car, mesin varian racing ini mampu menghasilkan tenaga 300 ps per 1000cc dan bukan merupakan mesin yang akan diproduksi untuk dijual ke publik. Besar kemungkinan mesin ini akan digunakan untuk balapan sirkuit normal atau reli dari divisi Toyota Gazoo Racing

Dengan tawaran 2 varian tenaga, bisa ditawarkan pada mobil sport bermesin menengah seperti MR2 yang akan ditawarkan dalam versi bensin dan listrik. Sumber ini juga mengonfirmasi bahwa versi GRMN akan hadir dengan varian GR-Four 4WD yang merupakan sistem penggerak semua roda untuk balap reli.

Kombinasi mesin dan sistem GR-Four 4WD ini mungkin juga digunakan pada Toyota Celica yang merupakan mobil sport bermesin depan 2 pintu.

Mesin ini akan dipadukan dengan 2 pilihan transmisi, baik transmisi manual 6 percepatan maupun transmisi otomatis 8 percepatan yang sama-sama ditawarkan oleh GR Yaris.

Sumber tersebut sejalan dengan pernyataan resmi Toyota pada Mei 2024 yang menyatakan akan bekerja sama dengan Subaru dan Mazda untuk mengembangkan mesin pembakaran generasi baru untuk penggunaan di masa depan.

Meskipun tidak ada spesifikasi teknis yang diungkapkan oleh aliansi tersebut, mesin baru ini digembar-gemborkan sebagai mesin yang sangat efisien, bertenaga, dapat dikombinasikan dengan sistem hybrid dan beroperasi dengan berbagai sumber bahan bakar.

Target awal Toyota adalah mesin turbo 2000cc ini akan melampaui mesin turbo 2400cc mereka dalam hal tenaga, lebih kompak dan lebih hemat energi. Mesin ini juga mampu melewati berbagai peraturan polusi udara untuk pasar di seluruh dunia.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)