Innova Zenix Hybrid Jadi Sorotan Dunia Karena Dipakai Paus Fransiskus, Toyota Bilang Gini

Rabu, 04 September 2024 - 09:59 WIB
loading...
Innova Zenix Hybrid...
Paus Fransiskus memilih memakai Kijang Innova Zenix V hybrid Modellista saat berada di Indonesia. Foto: Sindonews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kijang Innova Zenix jadi mobil paling viral dan paling banyak dibicarakan di berbagai media selama beberapa hari terakhir. Tentu saja, hal tersebut karena mobil tersebut dipilih oleh Kepala Negara Vatikan sekaligus Pemimpin agama Katolik di seluruh dunia Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya sangat menghargai keputusan Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix. “Ini menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan,” ungkap Anton saat dihubungi SINDONews.

Ia menyebut bahwa kendaraan tersebut disiapkan langsung oleh pemerintah Indonesia, bukan melalui PT TAM.

“Hal tersebut merupakan inisiatif dari Paus Fransiskus sendiri. Beliau ingin menggunakan mobil yang umum dan digunakan sehari hari oleh masyarakat indonesia. Sebab, pesan beliau adalah kesederahanaan,” beber Anton.

Ia menyebut bahwa sekretariat negara memilih Kijang Innova Zenix karena dinilai sebagai mobil yang sudah lekat dnegan masyarakat Indonesia dan masih cukup nyaman untuk VIP (Very Important Person).

Innova Zenix Hybrid Jadi Sorotan Dunia Karena Dipakai Paus Fransiskus, Toyota Bilang Gini

Terlebih lagi Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan TKDN lebih dari 80%. “Tentu saja menjadi rasa bangga tersendiri baik bagi kami maupun warga Indonesia karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia,” ungkap Anton.

“Jadi, memang tidak ada kerja sama khusus. Toyota sendiri selalu memberikan dukungan terhadap berbagai acara kenegaraan. Jadi ini murni inisatif dari Paus Fransiskus,” tambahnya.

Paus dan rombongannya mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa (3/9) sekitar pukul 11.30 WIB.

Paus langsung meninggalkan bandara menggunakan Kijang Innova Zenix V hybrid Modellista dengan pelat nomor negara Vatikan, SCV 1.

SCV artinya Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan, sedangkan angka 1 mengacu pada Kepala Negara Vatikan. Di bagian depan mobil ada pula Bendara Indonesia dan Vatikan.



Paus akan berada di Indonesia selama tiga hari yakni pada 3-6 September 2024.

Selain Innova Zenix, Paus juga akan menunggangi kendaraan taktis buatan Pindad, Maung MV3 yang sudah disulap menjadi Popemobile untuk menyapa umat Katolik saat misa di Stadion Gelora BungKarno(GBK).
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)