Ikuti Paus Fransiskus, Jokowi Pakai Innova Zenix

Kamis, 05 September 2024 - 07:57 WIB
loading...
Ikuti Paus Fransiskus,...
Presiden Jokowi menggunakan Innova Zenix seperti Paus Fransiskus. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden RI Jokowi pakai Innova Zenix , mobil yang ditumpangi Paus Fransiskus selama kunjungan apostolik di Jakarta.

Bukti foto yang beredar di media sosi memerlihatkan orang nomor satu di Indonesia itu di dalam mobil Innova Zenix berwarna hitam berpelat nomor RI 1.

Empat sepeda motor gede terlihat mengawal RI 1 bersama mobil Paspampres. "Iya benar (Presiden Jokowi menumpangi Innova Zenix)" kata Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayor Jenderal TNI Achiruddin saat dikonfirmasi.

Dalam rangkaian kegiatan Paus Fransiskus hari ini, Presiden Jokowi bakal kembali menggunakan kendaraan pabrikan Toyota tersebut. "Besok (Kamis) pun beliau akan gunakan mobil tersebut," kata Achiruddin.



Pemakaian jenis mobil publik seperti ini, ungkapnya, merupakan hal yang biasa. "Hal biasa karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, beliau sering menggunakan kendaraan Innova," katanya.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana pun membenarkan isu keprotokolan tersebut. "Iya betul sekali. Bukankah Bapak Presiden juga terbiasa menggunakan kendaraan Innova, utamanya pada saat kegiatan incognito," kata Yusuf

Presiden Jokowi biasanya menggunakan Mercedez-Benz s600 Guard untuk kendaraan dinasnya. Mobil itu dianggap memiliki keamanan yang mumpuni untuk melindungi Presiden Jokowi dari insiden tak terduga.



Sementara itu, hari ini agenda Paus Fransiskus di Jakarta adalah mengunjungi terowongan toleransi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

“Paus akan berkunjung ke tunnel. Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik, beliau sangat terkesan ingin mengunjungi masuk ke dalamnya,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Selain itu, Paus Fransiskus juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh antaragama di Masjid Istiqlal. Nasaruddin menyebut pertemuan ini akan membahas mengenai kondisi dunia saat ini. Apalagi, Paus memiliki kekhawatiran yang sama terkait dengan kelompok tertindas, kelompok termarjinalkan dan kelompok fakir miskin.

“Jadi tema-tema sentral yang diisukan oleh beliau di mana-mana saya juga ikuti perkembangan itu, sama persis. Jadi aspek-aspek universal keagamaan itu melekat pada beliau. Jadi inilah persamaan antara kita di Indonesia mayoritas islam ya, jadi imam besar punya visi yang sama dalam hal ini,” katanya.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)