Rasakan Tenaga dan Bantingan Mitsubishi All-New Triton di Medan Ekstrem

Senin, 09 September 2024 - 18:10 WIB
loading...
Rasakan Tenaga dan Bantingan...
Mitsubishi All-New Triton. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberi kesempatan SINDOnews menjajal Mitsubishi All-New Triton di medan off-road di area perbukitan Sentul, Bogor, Jawa Barat



All New Triton meluncur perdana dalam pameran otomotif Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024, pada Juli lalu. Mobil ini mendapat ubahan pada sisi eksterior, interior dan peningkatan fitur terbaru.

Seperti apa sensasi mengendarai truk pikap double cabin tersebut? Jurnalis iNews.id berkesempatan menguji ketangguhan Mitsubishi All New Triton dalam waktu relatif singkat di area perbukitan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Total 12 unit All New Triton disiapkan untuk diuji terdiri atas varian Ultimate, GLS dan HDX dengan transmisi manual.

Pada sesi test-drive, jurnalis diberikan kesempatan menjadi penumpang dan berkendara sendiri di trek menantang yang telah disiapkan untuk menjajal dan memaksimalkan fitur-fitur pada All New Triton.

Menggendong mesin baru, mobil ini terasa lebih bertenaga dengan torsi melebihi putaran awal. Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 drive mode dengan selector dial pada kecepatan di bawah 100 km per jam.

Sementara pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan, yaitu 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L). Memasuki trek dengan jalan tidak rata, pengendara disarankan melaju pada kecepatan 10-20 km/jam.

Mengendarai Triton GLS transmisi manual, pengemudi cukup memindahkan transmisi pada gigi 1. Kendaraan dapat melaju tanpa perlu menginjak gas, rem atau kopling. Pengendara cukup mengarahkan kemudi pada jalur yang tepat agar kendaraan dapat melaju tanpa hambatan.

Demikian pula pada saat melintas medan menanjak, jalur berlubang dan berlumpur, pengemudi tidak perlu menginjak gas. Kemudi diarahkan sesuai dengan alur jalan agar putaran roda tidak terhambat.

Karakter All New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka chassis yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Ketinggian ground clearance All New Triton yang mencapai 222 mm sangat membantu dalam mengemudi di jalan off-road. Selain itu, improvement pada sistem suspensi meningkatkan stabilitas berkendara dan memperbaiki performa secara keseluruhan.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm. Semua itu dapat dilalui tanpa ada hambatan berarti.

Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive more Mud dan Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin.

Kehadiran fitur Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle membuat jalan dilalui lebih ringan. Pada trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan Engine Break yang lebih optimal, memberikan rasa aman bagi pengendara. Fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) memberikan stabilitas saat menaklukkan medan menantang.

Memanfaatkan teknologi dan fitur yang dihadirkan pada Triton, membuat pengendara dapat melalui jalur off-road tanpa ada hambatan berarti. Jurnalis dapat melalui medan jalan menantang cukup menggunakan transmisi gigi 1 hingga jalur finish.

Karakter kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka chassis, yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis yang 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Peserta juga dapat memahami ketinggian ground clearance Mitsubishi All-New Triton yang mencapai 222 mm, yang sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road. Selain itu, improvement pada sistem suspensi meningkatkan stabilitas berkendara dan memperbaiki performa secara keseluruhan.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)