Pompa BBM dan Rem Bermasalah, Puluhan Ribu Mobil Toyota di Recall

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:15 WIB
loading...
Pompa BBM dan Rem Bermasalah, Puluhan Ribu Mobil Toyota di Recall
Foto/dok
A A A
TOYOTA mengumumkan adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar beberapa model kendaraan Toyota. Gejala yang timbul karena kondisi tersebut antara lain ada kemungkinan lampu indikator malfungsi akan menyala, putaran mesin menjadi kasar, mesin tidak dapat menyala, bahkan dapat menyebabkan pompa bahan bakar gagal berfungsi sehingga mobil mogok.

Beberapa model yang mengalami masalah tersebut yakni Alphard, Innova, Fortuner, Corolla, dan FJ Cruiser tahun produksi 2013-2019 yang mencapai 36.841 unit. Tak hanya kasus masalah pada pompa bahan bakar, Toyota juga menemukan masalah pada selang vakum rem untuk mobil Innova dan Fortuner produksi 16 sampai 28 Agustus 2019. (Baca: Dua Model Hybrid Suka Mogok, Toyota Umumkan Recall)

Seiring dengan penggunaan, selang vacuum rem bisa berubah bentuk dan daya tahannya karena proses vulkanisasi. Dalam kasus terburuk sistem pengereman dapat hilang, sehingga pengemudi harus lebih menginjak pedal rem dengan tekanan berlebih untuk mengurangi laju dan perlambatan. Hal ini tentu membahayakan apabila mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Keterangan tertulis Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia menyebutkan, mendukung upaya recall tersebut dengan meminta pengguna Toyota Alphard, Innova, Fortuner, Corolla, dan FJ Cruiser tahun produksi 2013-2019 untuk datang ke bengkel Auto2000 dalam rangka penggantian fuel pump secara gratis, sebagai bentuk tanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan berkendara. (Baca juga: Rusia Optimis Rencana Pembelian Sukhoi Indonesia akan Berlanjut)

“Auto2000 mendukung program Toyota untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian fuel pump atau pompa bahan bakar beberapa model Toyota di bengkel Auto2000 tanpa dipungut biaya,” jelas Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya. (Lihat videonya: 5 Orang di Tangerang Tewas usai Minum Miras Oplosan)

Pemilik mobil, lanjut dia, tinggal datang ke bengkel Auto2000 di seluruh Indonesia dengan cara melakukan booking servis terlebih dahulu. Namun, pemilik mobil tidak bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service untuk melakukan penggantian fuel pump lantaran membutuhkan alat khusus untuk mengganti dengan perkiraan waktu pengerjaan antara 2 – 4 jam tergantung model kendaraan. (Anton C)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2797 seconds (0.1#10.140)