Hummer, Terkenal karena Perang Tenggelam karena Perang

Senin, 19 Oktober 2020 - 15:41 WIB
loading...
Hummer, Terkenal karena Perang Tenggelam karena Perang
General Motors akan meluncurkam Hummer listrik pada 20 September. Foto / Netcarshow
A A A
JAKARTA - General Motors (GM) akan meluncurkan Hummer listrik pada 20 Oktober ini, waktu Amerika Serikat. Perubahan besar yang terjadi pada Hummer, yang semula menggunakan sistem pembakaran internal, menurut Business Insider merupakan bukti kekalahan GM menyelamatkan Hummer dari perang.

"Ironis karena Hummer justru terkenal pertama kali karena perang namun dia akhirnya kalah karena perang. Perang Teluk membuat semua orang terpesona dengan Hummer namun Perang Irak membuat orang membencinya," ucap Matt DeBord, analis dari Business Insider.

Sejarah Hummer memang bermula dari keinginan pemerintah Amerika Serikat yang ingin memiliki kendaraan yang siap tempur di medan perang. Saat itu mereka tidak puas dengan Jeep yang memang bisa menempuh medan berat tapi secara fungsional kurang meyakinkan saat dibawa perang. (Baca juga : Halo Wuling, Hey BMW Kini Juga Sudah Bisa Loh Buka Jendela )


Jeep sama sekali tidak mampu membawa banyak tentara sekaligus. Tidak punya sistem pelindung yang kuat dan tidak bisa dipersenjatai. Dari situlah pemerintah Amerika Serikat meminta AM General membuat sebuah mobil yang tangguh di medan berat dan kuat saat berperang. Setelahnya hadirlah sebuah mobil yang bernama High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicles atau disingkat jadi Humvee.

Saat Perang Teluk meletus, mobil itu langsung melakukan debut perdana. Kehadirannya jadi pusat perhatian dunia. Namanya harum seperti harumnya Rudal Tomahawk yang mampu mengimbangi Rudal Scud milik tentara Irak.

Hummer, Terkenal karena Perang Tenggelam karena Perang


Saking populernya semua orang saat itu bermimpi memiliki Hummer. Termasuk aktor Arnold Schwarzenegger yang terkesima ketika melihat mobil itu dari dekat saat syuting film Kindergarten Cop di Oregon, Amerika Serikat. Saat itu Arnie, panggilan akrabnya meminta AM General menjual mobil itu kepadanya. "Saya langsung teringat dengan kenangan saya saat bertugas mengendara tank di Austria," kenang Arnie.

Hanya saja permintaan Arnie ditolak, AM General mengaku tidak bisa memberikan kendaraan militer ke masyarakat sipil. Apa kata dunia? Tidak kehilangan akal, Arnie justru meminta kepada AM General untuk membuat lagi Hummer. "Kali ini bikin untuk masyarakat umum," ucap Arnie.

Tawaran itu ternyata membuat AM General goyah. Namun mereka masih berpikir memangnya ada orang yang mau membeli kendaraan yang tongkrongannya sangat besar itu. Alhasil AM General test the water dengan membuat dua mobil saja. Satu buat Arnie, satu lagi untuk salah satu petinggi AM General.

Hummer, Terkenal karena Perang Tenggelam karena Perang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)