Build Forward Better, Menteri PPN Jamin Teknologi Kesehatan dan Inovasi Tersedia

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:55 WIB
loading...
Build Forward Better, Menteri PPN Jamin Teknologi Kesehatan dan Inovasi Tersedia
Seminar online Internasional atau webinar dengan tema Build Forward Better: Bangkit Bersama Dari Covid-19 Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Seminar online Internasional atau webinar dengan tema Build Forward Bette r: Bangkit Bersama Dari Covid-19 Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020. Dalam kesempatan itu Pemerintah menegaskan menghadapi masalah pandemi Covid-19 saat ini Indonesia menjamin ketersediaan teknologi kesehatan dan Inovasu tersedia.

BACA JUGA - Suzuki Dikabarkan Berencana Suntik Mati Baleno

Acara yang dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan pemenuhan kapasitas laboratorium seperti reagen, alat tes dan sarana laboratorium dapat dipastikan dibeberapa rumah sakit sudah tersedia.

BACA JUGA - Riset Baru Temukan Gunung Berapi Terbesar

'' Hal ini untuk melakukan upaya deteksi terhadap masyarakat yang memiliki risiko terhadap penularan Covid-19 serta meningkatkan penanganan pasien, dengan terus memberikan dukungan penyediaan dan distribusi alat pelindung diri dan alat kesehatan bagi tenaga medis,'' tegas Menteri Suharso

Menteri Suharso mengajak semua pihak untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19 dan bersama-sama melanjutkan capaian agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

“Saya yakin dengan berbagai inovasi, pendekatan, dan solusi dalam menghadapi serta memulihkan situasi pasca pandemi Covid-19 ini. Di sisi lain, kita juga akan selalu membutuhkan kerjasama dengan pihak internasional yang didasari prinsip fair and just collaboration dan juga saling tukar pengalaman dan pembelajaran antar negara dalam menentukan strategi yang efektif dalam menangani Covid-19,” tutup Menteri Suharso.

Sementara itu Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Arifin Rudiyanto. Dalam sambutannya Arifin mengatakan bahwa Bappenas dalam rangka melaksanakan tugas koordinasinya sejak tahun 2018 sudah menginisiasi penyelenggaraan road to SDGs annual conference. Pertemuan tahun ini dalam bentuk webinar yang bertemakan Build Forward Better: Bangkit Bersama dari Covid 19 Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai koordinator pelaksanaan SDGSs di Indonesia mengajak seluruh platform partisipasi dan masyarakat umum untuk bersama merumuskan solusi terbaik terhadap dampak covid 19 untuk pencapaian SDGs di Indonesia,” ungkap Arifin.

Menurut Arifin apa yang diupayakan saat ini sudah sejalan dengan langkah pemerintah yang fokus pada pencegahan penyebaran dampak covid 19 serta pembangunan yang lebih baik pasca covid 19.

“Acara hari ini merupakan kick off dari rangkaian virtual SDGs annual conference 2020 yang akan dilanjutkan dengan kompetisi virtual event dan pemilihan duta kampus SDGs Indonesia. Selanjutnya sebagai acara puncak virtual SDGs annual conference 2020 akan diselenggarakan pada bulan desember 2020 nanti,” jelas Arifin.

Lebih lanjut Arifin menghimbau kepada seluruh masyarakat sebagai pemangku kepentingan SDGs dapat ikut serta dalam acara kompetisi tersebut.

“Kami mendorong terlaksananya berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara mandiri dalam bentuk seminar atau webinar, sesi diskusi, gerakan bersama, dan atau konten media social yang diselenggarakan dibawah paying acara road to SDGs annual conference yang dikoordinasikan oleh Bappenas dengan menggunakan hastag SDGs Indonesia 2020 (#SDGsIndonesia2020),” pungkas Arifin.

Selain dua sambutan diatas, hadir pula Executive Secretary UN ESCAP, Armida Salsiah, Vice Presiden ADB, Bambang Susantono dan juga Sophie Kemkhadze dari UNDP Deputy Resident Representative. Webinar ini dipandu oleh Reinhard Sirait selaku pembawa acara, Tommy Prabowo sebagai Moderator dan Thohir Afandi selaku Karo Umum yang dipercaya untuk membacakan doa. Dalam acara tersebut juga menyuguhkan diskusi dari para duta SDGs, diantaranya ialah Alissa Wahid, Billy Mambrasar dan Vania Herlambang. Dilanjut dengan peluncuran buku dan diakhiri dengan informasi kompetis i virtual event dan ditutup oleh Amalia Adininggar selaku Staf Ahli Menteri PPN. Acara webinar ini merupakan awal dari berbagai kegiatan yang akan dilakukan kedepannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)