8 Supercar Tercepat di Dunia dan Penerapan Sains dalam Teknologi Canggihnya

Minggu, 10 Desember 2023 - 08:41 WIB
loading...
8 Supercar Tercepat di Dunia dan Penerapan Sains dalam Teknologi Canggihnya
Delapan Supercar tercepat di dunia memiliki performa luar biasa dan penerapan sains dalam teknologi canggih yang mengagumkan. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Delapan supercar dengan kecepatan tertinggi di dunia memiliki performa luar biasa mampu melaju hingga 330 mil per jam atau 531 km per jam. Bukan hanya kecepatan tinggi yang memukau, penerapan sains dalam teknologi canggih yang digunakan juga mengagumkan.

Kecepatan yang luar biasa membutuhkan banyak downforce aerodinamis agar mobil tidak melayang, sehingga para insinyur harus kreatif dalam merancang desain yang tepat. Apalagi beberapa supercar memiliki akselerasi 0-60 mil per jam atau 0-100 km per jam dalam 4 detik.

Mesin supercar juga merupakan keajaiban teknologi, karena untuk melaju cepat bukan hanya soal membangun mesin yang besar. Sejumlah supercar perlu menerapkan mesin kecil namun bertenaga di bawah bodi yang sangat aerodinamis untuk memanfaatkan semua daya dorong tersebut.

Supercar juga harus mampu mempertahankan traksi saat melesat menembus udara seperti pisau, dan tetap menjaga keselamatan pengemudi jika terjadi kecelakaan. Ini membuat penampilan kendaraan lebih mirip pesawat ruang angkasa atau jet tempur.

Berikut delapan supercar dengan kecepatan tertinggi tertinggi di dunia dan penerapan sains yang digunakan dalam teknologi canggihnya dirangkum SINDOnews dari laman Daily Mail, Minggu (10/12/2023).

1. Koenigsegg Agera RS: 277,9 Mil/Jam atau 447 Km/Jam

8 Supercar Tercepat di Dunia dan Penerapan Sains dalam Teknologi Canggihnya

Agera RS memegang rekor sebagai mobil tercepat di dunia, setelah mencatatkan kecepatan rata-rata 277,87 mil/jam pada November 2017. Supercar ini memegang rekor kecepatan tertinggi di jalan umum oleh mobil yang legal di jalanan. Agera RS menggunakan mesin V8 5 liternya yang mampu memompa 960 tenaga kuda dengan turbocharger bantalan bola keramik geometri variabel kembar.



2. Czinger 21C: 281 Mil/Jam atau 452 Km/Jam

8 Supercar Tercepat di Dunia dan Penerapan Sains dalam Teknologi Canggihnya

Supercar Czinger 21C menghadirkan entri unik, powertrain hibrida bensin-listrik. Mesin V8 turbo ganda 2,88 liter menggerakkan roda belakang, dan dua motor listrik menggerakkan roda depan. Perpaduan ini menghasilkan tenaga gabungan sebesar 1.250 tenaga kuda pada 10.500 RPM yang benar-benar menakjubkan. Ini memegang rekor putaran mobil produksi tercepat di Laguna Seca dan Sirkuit Amerika.

3. SSC Tuatara: 295 Mil/Jam atau 474 Km/Jam

8 Supercar Tercepat di Dunia dan Penerapan Sains dalam Teknologi Canggihnya

Hypercar buatan Amerika ini menggunakan mesin V8 5,9 liter dengan engkol bidang datar untuk kemampuan putaran tinggi. Mobil ini memiliki turbocharged ganda dan memiliki peringkat tenaga yang berbeda tergantung pada penggunaan jenis bahan bakar.

Bensin beroktan 91 menghasilkan 1.350 tenaga kuda, sedangkan bahan bakar E85 akan menghasilkan 1.750 tenaga kuda. Koefisien hambatannya hanya 0,279, yang berarti mampu meluncur di udara seperti ikan di air. Melaju hingga 400 mph dalam jarak 2,3 mil di Fasilitas Peluncuran dan Pendaratan Space Florida pada tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)