Ralliart Selandia Baru Hadirkan Mitsubishi Mirage Evolution

Minggu, 01 November 2020 - 07:40 WIB
loading...
Ralliart Selandia Baru Hadirkan Mitsubishi Mirage Evolution
Ralliart Selandia Baru membuat mobil reli yang menggunakan basis Mitsubishi Mirage terbaru. Foto / IST
A A A
SELANDIA BARU - JAKARTA - Ralliart Selandia Baru membangkitkan kembali semangat mobil reli legendaris Mitsubishi lewat Mitsubishi Mirage Evolution. Disebutkan situs Autoindustriya, Rallliart Selandia Baru, yang saat ini memang tidak terlibat aktif dalam ajang reli dunia, masih terus bergairah membuat mobil-mobil reli keren seperti Mitsubishi Xpander AP4 yang dibesut Rifat Sungkar dan kini yang terbaru Mitsubishi Mirage Evolution.

Merombak Mitsubishi Mirage menjadi mobil reli memang bukan hal yang baru buat Ralliart Selandia Baru. Mereka sebelumnya sudah membuat Mitsubishi Mirage R5 dan Mitsubishi Mirage AP4. Nah kali ini mereka mencoba menyalurkan kegilaan mereka dengan lebih serius lagi. Apalagi Mitsubishi Mirage yang mereka rombak juga sudah memiliki tampang yang lebih gahar dengan bahasa desain Dynamic Shield. (Baca juga : Kisah Mistis Pabrik Mobil Ford di Amerika Dikomersialisasi )

Ralliart Selandia Baru Hadirkan Mitsubishi Mirage Evolution


Untuk membuat mobil ini lebih gahar, Ralliart Selandia Baru mencopot semua bagian interior Mitsubishi Mirage. Panel-panel yang ada di bagian dalam mobil tidak ada yang tersisa. Semuanya digantikan dengan roll cage dan melas beberapa bagian tubuh Mitsubishi Mirage untuk diperkuat agi.

Seakan tidak cukup, mereka juga mengganti lantai Mitsubishi Mirage guna mengakomodir sistem penggerak empat roda. Ya, mobil ini sejatinya adalah mobil dengan penggerak roda depan. Hanya saja untuk kepentingan reli mobil ini lebih sesuai menggunakan sistem penggerak empat roda.

Namun perubahan ekstrem tidak berhenti di situ saja. Ralliart Selandia Baru lansung membuang mesin lama Mitsubishi Mirage empat silinder dengan kapasitas silinder 1,2 liter. Mesin itu digantikan dengan mesin empat silinder plus turbo. Ralliart Selandia Baru memang tidak menyebutkan detil resmi mesin itu. Hanya saja untuk menyesuaikan namanya, Mitsubishi Mirage Evolution, mesin yang sesuai adalah mesin 4B11T yang digunakan oleh Mitsubishi Lancer Evolution X. (Baca juga : Diragukan, Rekor Kecepatan SSC Tuatara Akan Diulang )
Ralliart Selandia Baru Hadirkan Mitsubishi Mirage Evolution


Berdasarkan pengalaman, Ralliart Selandia baru memang paling senang menggunakan mesin 4B11T. Mesin itu juga yang digunakan Ralliart Selandia baru ketika mensuplai Mitsubishi Lancer Evolution X di ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) serta mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang dimiliki Rifat Sungkar.

Jika melihat dari fakta itu bisa jadi Mitsubishi Mirage akan memiliki tenaga maksimal 300 PS. Tentu akan sangat menarik melihat Mitsubishi Mirage dengan tenaga besar dan sistem penggerak empat roda.

Seiring dengan perubahan di bagian suspensi, otomatis body mobil Mitsubishi Mirage juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Wheel arches dan fender flares dibuat lebih besar dibandingkan Mitsubishi Mirage standar. Karena menggunakan mesin baru yang akan lebih bertenaga, mobil itu juga dilengkappi dengan rem besar dan damper yang lebih kokoh. Terakhir mobi ini dilengkapi dengan sayap belakang yang sangat mencolok ukurannya. Tentunya ukuran sayap itu bukan sekadar dibuat. Ralliart Selandia Baru sudah menghitung dengan cermat ukuran sayap itu untuk memaksimalkan pengendalian dan peforma Mitsubishi Mirage Evolution.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)