Keren, Helm ini Jadi Helm Tercanggih dan Terpintar Pertama di Dunia

Jum'at, 13 November 2020 - 16:55 WIB
loading...
Keren, Helm ini Jadi Helm Tercanggih dan Terpintar Pertama di Dunia
Quin Quest akan memancarkan sinyal layaknya suar dan mengirimkan pesan ke pihak terkait apabila penggunanya terjatuh dari motor. Foto / Quin
TEXAS - Perusahaan helm asal Texas, Amerika Serikat, Quin meluncurkan helmmodular pintar pertama di dunia, Quin Quest. Helm ini memiliki dilengkapiteknologicanggih, termasuk teknologi suar yang bisa memberikan sinyal posisi pengguna helm.

Teknologi suar itu akan sangat berguna jika pengguna helm terjatuh dan tidak sadarkan namun membutuhkan bantuan dengan cepat. Pasalnya dalam waktu bersamaan, helm yang mendeteksi adanya kecelakaan akan mengirimkan informasi SOS kepada pihak kepolisian setempat. Informasi itu akan hadir dalam bentuk notifikasi sinyal, email hingga pesan pendek. Sementara suar akan terus memberikan sinyal posisi terakhir pengemudi kepada petugas kepolisian dan tim penyelamat. (Baca juga : Varian Baru KIA Carnival Meluncur dengan Konde di Atap Mobil )
Keren, Helm ini Jadi Helm Tercanggih dan Terpintar Pertama di Dunia


Quin mengatakan fitur keamanan itu terwujud karena adanya chip khusus yang memiliki algoritma dalam penentuan terjadinya kecelakaan. "Chip yang ada di dalam helm bisa mendeteksi kecelakaan yang sesungguhnya hingga helm yang hanya sekadar jatuh," ucap CEO Quin, Ani Surabhi.

Teknologi keselamatan inilah yang menjadi andalan Quin Quest. Selain itu mereka tetap menawarkan fitur yang dimiliki helm-helm canggih lain yang ada saat ini seperti memainkan lagu, komunikasi antar pengguna helm hingga file sharing. Bedanya Quin Quest sama sekali tidak membutuhkan mikrofon, speaker velco, tombol hingga kabel.

Selain fitur tersebut yang perlu diperhatikan adalah fitur visor cahaya yang bisa aktif otomatis ketika cahaya yang sangat terng terpapar ke kaca helm. Dari segi berat, Quin Quest juga memiliki dimensi yang menarik. Untuk ukuran medium, helm ini hanya memiliki berat 1,6 kilogram. "Helm ini memberikan kebebasan pada pemiliknya untuk bebas berkendara kemana saja tanpa harus merasa kesepian," ucap Ani Surabhi. (Baca juga : Michelin Luncurkan Ban yang Sanggup Hemat Bensin 5 Liter per Kilometer )



Sayangnya Quin untuk sementara hanya membuat sebanyak 200 helm hingga akhir tahun. Mereka membuka pendaftaran melalui situs mereka hingga 15 November. Sayangnya Quinn tidak memberikan informasi harga resmi helm canggih itu.
(wsb)
preload video
Komentar Anda