Kurangi Emisi, Menanam Pohon Trembesi Bisa Jadi Jawaban

Minggu, 29 November 2020 - 14:02 WIB
loading...
Kurangi Emisi, Menanam Pohon Trembesi Bisa Jadi Jawaban
Batiqa Hotel Jababeka bersama Jababeka Infrastruktur menanam pohon trembesi di area II Kawasan Industri Jababeka guna mengurangi emisi karbon. Foto/Ist
A A A
CIKARANG - Dalam siklus kehidupan di Bumi , pepohonan memiliki peran penting lantaran menyerap karbondioksida (CO2) dan memprosesnya menjadi oksigen (02). Karena itu reboisasi dan penanaman pohon adalah suatu keharusan demi menjaga ekosistem Bumi. (Baca juga: Mahasiswa ITS Teliti Membran Karbon Penyaring Gas Energi Terbarukan )

Memeringati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November 2020, Batiqa Hotel Jababeka bersama Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka berkolaborasi menanam pohon trembesi di area II Kawasan Industri Jababeka.

Gustaf Adolf, General Manager BATIQA Hotel Jababeka, mengatakan, tujuan kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya partisipasi positif kepada masyarakat dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

"Setelah sukses menggelar acara CSR menanam pohon mangrove di daerah Muara Gembong pada tahun lalu, kami berterima kasih kepada tim Jababeka yang memberikan kesempatan ini (menanam pohon trembesi)," kata Adolf saat memberikan kata sambutannya di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, baru-baru ini.

"Hotel Batiqa Jababeka sendiri sudah menjadi bagian dari kawasan industri yang sudah hadir sejak tahun 2015. Jadi, kami sudah lima tahun di sini. Mudah-mudahan penanaman pohon trembesi ini bisa berkontribusi, bermanfaat, dan mudah-mudahan memperindah kawasan Jababeka," harapnya.

Sementara itu, Aris Dwi Cahyanto, General Manager Operational PT Jababeka Infrastruktur, menanggapi kegiatan ini dengan positif. Kolaborasi melalui penanaman sejumlah pohon trembesi sangat berdampak besar bagi orang yang beraktivitas di Kawasan Industri Jababeka.

Karena dengan hadirnya banyak pohon, maka itu bisa mengurangi emisi karbon sekaligus mengurangi udara panas. "Hal itu sangat penting, karena kita tahu bahwa kita berada di kawasan industri dan menjaga lingkungan sangat dibutuhkan," ujar Aris.

Dia pun berharap kegiatan ini bisa menarik perhatian dan menginspirasi para stakeholder untuk mengadakan program-program lingkungan seperti ini, meski Jababeka Infrastruktur sendiri sudah memiliki program Jabat (Jababeka Sahabat) Lingkungan, Jabat Sosial, Jabat Kesehatan yang diperuntukkan untuk menyelenggarakan kegiatan positif di Kawasan Industri Jababeka.

"Saya berharap lahan-lahan bisa dipenuhi pepohonan, apapun (jenis) pohonnya. Karena saat pohon itu mengeluarkan oksigen, hal itu akan memberi manfaat bagi stakeholder, yaitu tenant, tim keamanan, pengelola, dan masyarakatnya," kata Aris.

Executive Secretary dan Marcom dari BATIQA Hotel Jababeka, Nurisda Dwi Wahyuni, menambahkan, dengan melihat dukungan dan respons yang positif dari pihak pengelola Jababeka, bukan tidak mungkin pihaknya akan mengadakan kegiatan CSR lainnya bersama mereka.

"Kami akan memantau langsung dan menjaga pohon-pohon tersebut dengan rutin sampai mereka sudah berdiri kuat dan kokoh," janjinya. (Baca juga: Susi Pudjiastuti Berpeluang Gantikan Edhy Prabowo Jika Gerindra Menolak )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3707 seconds (0.1#10.140)