Ingin Kalahkan Toyota, Peugeot Kembali Balapan di Le Mans

Selasa, 15 Desember 2020 - 16:01 WIB
loading...
Ingin Kalahkan Toyota, Peugeot Kembali Balapan di Le  Mans
Peugeot tengah menyiapkan mobil balap istimewa yang akan bertarung di Le Mans 24 Hours musim 2022. Foto/Autoblog
A A A
JAKARTA - Pabrikan mobil Prancis, Peugeot akhirnya kembali ke ajang balap ketahanan mobil 24 jam paling legendaris di dunia, Le Mans 24 Hours. Terakhir, Peugeot ikut serta dalam ajang tersebut pada 2010. Rencananya Peugeot akan kembali berlaga di ajang balap internasional itu dua tahun lagi atau di musim 2022.

Disebutkan Autoblog, Peuegeot telah menyiapkan mobil yang akan mereka gunakan di Le Mans 24 Hours. Sketsa mobil itu sendiri sudah dirilis oleh Peugeot baru-baru ini. Dalam sketsa mobil itu Peugeot hanya menampilkan struktur atau platform utama mobil balap andalan mereka nanti. (Baca juga : Volkswagen Kodok Bermesin Pesawat Jet Dijual Rp7,6 Miliar )

Dalam platform itu diketahui Peugeot menggunakan dua mesin sebagai penggerak utama, yakni mesin bensin V6 turbo ganda dengan kapasitas silinder 2,6 liter yang sudah dituning khusus. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 680 daya kuda dan dipasang di bagian axel belakang mobil.

Sementara mesin kedua adalah motor listrik dengan kekuatan 900 volt. Motor listrik, yang dipasang di bagian tengah mobil itu, bisa menggelontorkan tenaga tambahan sebesar 268 daya kuda. Jadinya total tenaga yang dimiliki oleh mobil Peuegot itu bisa mencapai 948 daya kuda.

Ingin Kalahkan Toyota, Peugeot Kembali Balapan di Le Mans


Hanya saja untuk bertarung di LeMans 24 Hours, Peuegot harus membatasi tenaga yang dimiliki mobil andalan mereka itu. Pasalnya peraturan FIA menyebutkan total tenaga yang dihasilkan oleh dua mesin yang ada di dalam mobil, di ajang balap ketahanan mobil 24 jam, hanya dibolehkan mencapai 670 daya kuda. (Baca juga : Tim Mekanik Isuzu Indonesia Menangi Kompetisi Internasional )

Peugeot berencana akan membatasi tenaga maksimal yang dikeluarkan oleh mesin V6 mereka di angka 408 daya kuda. Di saat yang bersamaan mereka juga membatasi limpahan tenaga dari motor listrik dengan cara hanya bekerja di bawah kecepatan 120 kilometer per jam. Jadinya saat bertarung di Le Mans 24 Hours, performa yang ditampilkan oleh mobil andalan Peugeot itu hanya tiga perempatnya saja dari kekuatan sebenarnya.

Nantinya Peugeot akan bertarung di kategori Hypercar. Dimana lawan yang sangat kuat adalah Toyota yang selalu mendominasi ajang balap ketahanan mobil 24 jam itu bertahun-tahun belakangan ini. Di ajang Le Mans 24 Hours, Peugeot bukan nama yang asing. Pada 1992 dan 1993, mobil Peugeot berhasil jadi juara pertama. Pada 2009, mobil diesel buatan Peugeot juga berhasil menjadi juara satu dan kedua di LeMans 24 Hours.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)