Lima Cara Cerdas Melindungi Mobil Sehabis Hujan Biar Tidak Karatan

Senin, 18 Januari 2021 - 05:02 WIB
loading...
Lima Cara Cerdas Melindungi Mobil Sehabis Hujan Biar Tidak Karatan
ilustrasi mengendarai mobil saat hujan deras. FOTO/ IST
JAKARTA - Musim hujan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Guyuran air hujan deras membasahi bumi, tidak terkecuali mobil saat melintasi di jalan atau terparkir pada area terbuka. Sepintas usai terkena guyuran hujan, kerap sebagian pengemudi abai melakukan perawatan. Bahkan pascahujan, mobil dipakai seperti biasa keesokan harinya. Baca juga: Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,5 Km, Tinggi Kolong 500 Meter

Jika hal tersebut kerap dilakukan, potensi kusam cat pada bodi dapat terjadi. Tanpa disadari efeknya akan terjadi pada permukaan cat mobil kita yang dapat menyebabkan kualitas cat yang menempel berpotensi menurun. BACA JUGA: Honda N-VAN Bertema Open Cafe ini Bikin Jatuh Cint

Jika bodi mobil diibaratkan rambut manusia, maka sudah sepantasnya jika mahkota kecantikan itu dijaga dan dirawat. Seperti halnya cat mobil yang keberadaannya sangat penting untuk selalu dijaga dan dirawat agar tetap bersih dan enak dilihat.
Lima Cara Cerdas Melindungi Mobil Sehabis Hujan Biar Tidak Karatan

Pada musim hujan seperti sekarang ini, cuaca di Tanah Air sangat tidak menentu. Dapat secara tiba-tiba turun hujan yang cukup lebat namun kemudian muncul kembali sinar matahari yang sangat terik. Untuk itu kita perlu merawat cat kendaraan kita agar penampilan mobil yang kita kendarai tetap prima dan juga menarik.

Unsur air merupakan material yang mendera bodi mobil saat hujan. Unsur ini memang merupakan material utama merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil.



“Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya pasca-hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi.” ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Untuk mencegahnya sangat mudah. Pada saat mencuci mobil, lakukan pada tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan body mobil yang basah.

Jika mobil terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik air dengan lap chamois saat sampai di tujuan.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE