Hati-Hati, Ini Penyebab Terjadinya Rem Blong di Mobil!

Senin, 18 Januari 2021 - 08:55 WIB
loading...
Hati-Hati, Ini Penyebab Terjadinya Rem Blong di Mobil!
Penyebab rem blong paling umum terjadi lantaran minyak rem yang habis karena pemilik mobil lalai mengisinya. Foto: dok Auto2000
JAKARTA - Rem blong merupakan satu kondisi di mana rem mobil gagal berfungsi dengan baik. Alhasil, kecepatan mobil tidak bisa dikurangi dan berpotensi kecelakaan fatal.

Lantas, apa saja yang menyebabkan terjadinya rem blong?

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara menjelaskan, penyebab rem blong paling umum terjadi lantaran minyak rem yang habis karena pemilik mobil lalai mengisinya.

BACA JUGA: Edward Snowden: Ingin Aman, Gunakan Tor dan Signal



Tak hanya itu, masuknya udara pada sirkulasi minyak rem juga bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang panas dan membuat tekanan minyak rem menurun.

Hati-Hati, Ini Penyebab Terjadinya Rem Blong di Mobil!

"Kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kedaluwarsa bisa menjadi penyebab," katanya melalui siaran tertulis.

Menurut Nur, mobil yang sudah berumur juga bisa memiliki endapan lumpur di dalam sistem rem yang bisa menyumbat dan menyebabkan rem blong. Termasuk munculnya karat di perangkat rem.



"Mobil berusia tua biasanya terdapat endapan lumpur di bagian rem dan itu yang membuat rem tidak lagi 'mengigit'. Munculnya karat di rem yang berbahan besi bisa merusak senyawa kimia minyak rem," ujarnya.

BACA JUGA: Perlukah Uninstall WhatsApp dan Beralih ke Telegram atau Signal? Ini Jawabannya...

Tak lupa untuk selalu mengecek selang berbahan karet. Jika sudah getas dan tidak lagi fleksibel, berisiko pecah saat menerima tekanan berat.

"Kampas rem aus, kaliper membeku, piston rem atau seal piston master silinder rusak akibat pemakaian yang terlalu lama juga bisa memicu rem mobil gagal berfungsi," kata Nur.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE