Tesla Ajukan Paten Wiper Canggih, Gunakan Elektromagnetik

Selasa, 16 Februari 2021 - 14:01 WIB
loading...
Tesla Ajukan Paten Wiper Canggih, Gunakan Elektromagnetik
Tesla mengklaim paten wiper yang mereka buat mampu membersihkan seluruh permukaan kaca 100 persen. Foto/IST
JAKARTA - Tesla mengajukan paten yang tidak biasa yakni sebuah teknologi penggunaan wiper yang menggunakan elektromagnetik. Tidak hanya penggunaan elektromagnetik yang tidak biasa, cara kerja wiper itu juga unik. Alih-alih bergerak naik turun, wiper yang patennya tengah diajukan itu, justru bergerak ke kiri dan ke kanan.Baca juga : BMW M2 The Beast Modifikasi Anak Bangsa Raih Pengakuan Dunia

Inside Ev melaporkan, dalam hak paten tersebut wiper itu akan terdiri dari dua bilah wiper. Kedua bilah wiper itu terkoneksi dengan lengan wiper yang dilengkapi dengan sebuah rel elektromagnetik. Rel itu nantinya akan menggerakkan wiper itu ke kiri dan ke kanan.

Saat mulai bekerja, kedua wiper yang tersembunyi secara khusus, awalnya akan berdiri secara vertikal. Setelahnya rel elektromangnetik akan menggerakkan kedua wiper maju mundur atau ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini seperti ketika melakukan pemindaian di seluruh permukaan kaca. Alhasil Tesla menjamin wiper buatan mereka itu mampu membersihkan permukaan kaca seratus persen.

Tesla mengatakan ide dasar dari pembuatan wiper elektromagnetik itu karena kaca mobil yang bersih merupakan hal yang dibutuhkan oleh mobil otonom. Pasalnya di bagian kaca mobil akan dipasang kamera atau sensor yang sangat penting pada mobi otonom. Permukaan kaca yang tidak bersih diyakini akan mengganggu teknologi otonom.



Selain itu mereka meyakini wiper konvensional yang ada saat ini lebih banyak menghabiskan daya baterai mobil listrik. Pasalnya wiper konvensional digerakkan oleh motor, gear dan bearing. Ketiga part itu butuh aliran listrik agar bisa bergerak sehingga akan mengurangi jarak tempuh dari baterai mobil listrik.

Tesla Ajukan Paten Wiper Canggih, Gunakan Elektromagnetik



Wiper konvensional juga dianggap akan mudah mengalami korosi dan aus karena adanya debu, air hingga cuaca ekstrem. Alhasil wiper konvensional akan sangat tidak mampu bekerja seratus persen dalam waktu yang cukup panjang.Baca juga : Lexus UX Terselubung Kelopak Kertas ini Bisa Gonta-ganti Warna



Dari situlah Tesla akhirnya mengajukan paten wiper elektromagnetik yang tidak hanya mampu membersihkan kaca mobil seratus persen tapi juga bekerja maksimal dalam waktu yang panjang. Rencananya teknologi wiper elektromagnetik ini akan digunakan di Tesla Roadster yang akan dirilis pada 2022.

Ide kontroversial memang bukan hal aneh bagi Tesla. Sebelumnya mereka juga pernah mengajukan paten wiper dengan sistem laser yang harusnya disematkan di Tesla Cybertruck. Mereka juga bikin kejutan ketika akan memasang teknologi roket di mobil Tesla Roaster terbaru mereka nanti.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE